JakVR - Virtual Reality Guide

Ilustrasi wanita sedih (dreamstime)

Ilustrasi wanita sedih (dreamstime)

VIVAlife – Perasaan sedih bisa muncul dari banyak hal. Putus cinta, gagal mendapat promosi atau kehilangan orang terkasih. Saat rasa sedih itu tiba, banyak cara yang dilakukan wanita untuk mengobati perasaannya. Sayangnya, hal-hal yang dilakukan justru kerap menimbulkan rasa sedih yang berkelanjutan. 

Dilansir HuffingtonPost, berikut 4 kesalahan wanita saat merasa sedih. 

Bercinta atau masturbasi

Bagi sebagian orang, kenikmatan seksual bisa mengakibatkan timbulnya rasa kecewa. Meski tidak sepenuhnya dapat dipahami, namun psikiater Richard Friedman di Weill Cornell Medical College, New York berspekulasi bahwa wilayah emosional otak yang aktif selama orgasme dapat memicu kesedihan atau perasaan mudah tersinggung sesudahnya.

Dibanding bercinta, jenis kontak fisik seperti mencium atau memeluk lebih mampu menghilangkan rasa sedih. Sebab kontak fisik tersebut memicu pelepasan hormon oksitosin yang dapat meningkatkan perasaan positif seperti kepercayaan dan kedekatan.  

Konsumsi banyak camilan

Saat putus asa, makanan terkadang memang mampu membuat perasaan menjadi sedikit lebih tenang. Dalam penelitian itu diketahui bahwa mereka yang banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak trans, berisiko mengalami depresi hingga 48 persen. Penelitian berikutnya menemukan bahwa semakin banyak junk food yang Anda konsumsi, semakin besar kemungkinan Anda untuk merasa sedih. 

Sebaiknya konsumsi makanan sehat, seperti ikan, kacang-kacangan atau dark chocolate unyuk meningkatkan neurotransmitter yang membuat Anda merasa bahagia.

Menonton televisi berjam-jam

Anda mungkin tidak tahu apa yang ingin dilakukan , sehingga memutuskan untuk duduk diam di depan televisi dan menontonnya selama berjam-jam. Meski sebenarnya, saat itu mata dan otak Anda tidak mengikuti jalan cerita yang ditayangkan. Penelitian yang dilakukan University of Maryland mengungkap, menonton televisi berjam-jam memang dapat menghilangkan rasa sedih selama beberapa jam. Tapi jam berikutnya, menonton televisi hanya akan mengarah pada ketidakpuasan.

Sebaiknya lampiaskan kesedihan Anda demgan hal-hal positif seperti berpartisipasi dalam kegiatan keagamaan, membaca dan bersosialisasi. Jika Anda tidak dapat mengumpulkan energi mental untuk menyelesaikan novel yang sedang dibaca, mengundang teman untuk menonton film bersama-sama bisa jadi pilihan. 

Melakukan pengobatan alternatif

Beberapa penelitian memang mendukung kemampuan pengobatan alternatif dalam mengurangi kecemasan. Bahkan penelitian lain menunjukkan kemampuan obat alternatif dalam mengobati depresi. Namun teknik pengobatan alternatif memiliki efek samping yang cukup parah serta interaksi yang mengancam kesehatan seperti alkohol, obat tidur dan tanaman obat.  Bahkan sebuah literatur pernah memperingatkan bahwa pengobatan alternatif dapat memperburuk kondisi tertentu, seperti depresi berat, gangguan bipolar dan skizofrenia. 

Sebaiknya, jangan pernah mencoba pengobatan alternatif tanpa terlebih dahulu berkonsultasi dengan setidaknya satu dokter.


viva

guegamersBerita & PolitikJika Anda,New York,Richard Friedman,Weill Cornell Medical College
Ilustrasi wanita sedih (dreamstime) Ilustrasi wanita sedih (dreamstime) VIVAlife - Perasaan sedih bisa muncul dari banyak hal. Putus cinta, gagal mendapat promosi atau kehilangan orang terkasih. Saat rasa sedih itu tiba, banyak cara yang dilakukan wanita untuk mengobati perasaannya. Sayangnya, hal-hal yang dilakukan justru kerap menimbulkan rasa sedih yang berkelanjutan.  Dilansir HuffingtonPost, berikut...

Comments

comments