JakVR - Virtual Reality Guide

Berteman, cara ampuh tingkatkan imun tubuh. (istockphoto)

Berteman, cara ampuh tingkatkan imun tubuh. (istockphoto)

VIVAlife – Berapa banyak botol suplemen yang ada di meja dan sudahkah Anda merasakan manfaatnya? Sebenarnya, menjadi sehat tak perlu dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Apalagi mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Pada dasarnya, tubuh bisa membentengi diri dari berbagai macam penyakit asalkan Anda menerapkan pola hidup sehat. Bukan saja mengonsumsi makanan bervitamin, tapi juga cara hidup seperti berikut:

Aktif di kantor

Gene Stone, penulis buku The Secrets of People Who Never Get Sick mengatakan, duduk terlalu lama sama denagn “bunuh diri” perlahan. Penelitian tahun 2009 pun menyebut bahwa orang-orang yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk, memiliki risiko kematian lebih tinggi dibanding dengan mereka yang aktif menggerakkan tubuh.

Jadi, jika pekerjaan Anda memaksa untuk duduk di belakang komputer sepanjang hari, pastikan meluangkan waktu setiap 45 menit untuk bergerak, atau setidaknya berjalan ringan, menggerakkan tangan, bahu, atau leher. 

Mandi air dingin

Tak perlu takut pada air dingin. Suhu dingin sesungguhnya meningkatkan sirkulasi tubuh, menguatkan imun, dan memberbaiki suasana hati. Ini karena paparan air dingin mampu meningkatkan kadar glutathione tubuh –bahan alami yang diproduksi sebagai antioksidan.

Konsumsi bawang putih

Khasiat yang paling poluler memang mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol. Lebih dari itu, bawang putih juga menghindari tubuh dari penyakit dan berbagai macam infeksi. Stone mengatakan, para ilmuwan dari University of Western Australia menemukan bahwa orang yang secara teratur mengonsumsi bawang putih terbukti lebih jarang sakit. 

Berteman

Sebuah studi menyebut, orang-orang yang kurang mendapat dukungan sosial lebih mudah menyerah pada penyakit. Daya tahan tubuhnya lemah. Penelitian baru di Swedia pun mengungkapkan: mereka yang memiliki sedikit atau malah tidak memiliki teman berisiko pada serangan jantung. 

Stone menyarankan, manfaatkan waktu libur yang ada untuk berkumpul bersama teman-teman, atau memanfaatkan jejaring sosial seperti facebook, atau saling berkirim pesan elektronik dengan teman. 

Tidur cukup

Kemampuan tubuh melawan penyakit akan didapatkan dari tidur yang cukup. Sementara, kurang istirahat menyebabkan penumpukan kalsium di arteri jantung, dan mengurangi produksi hormon pertumbuhan.

“Kondisi ini membatasi kemampuan tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri,” kata Stone seperti dukutip iVillage. Ia menyarankan: cobalah untuk tidur siang jika memungkinkan. Waktu yang ideal adalah 13.00-15.00. Jam tersebut adalah jam dimana tubuh membutuhkan istirahat. 


viva

guegamersBerita & PolitikAustralia,Berteman Sebuah,Gene Stone
Berteman, cara ampuh tingkatkan imun tubuh. (istockphoto) Berteman, cara ampuh tingkatkan imun tubuh. (istockphoto) VIVAlife - Berapa banyak botol suplemen yang ada di meja dan sudahkah Anda merasakan manfaatnya? Sebenarnya, menjadi sehat tak perlu dengan mengonsumsi suplemen tambahan. Apalagi mengeluarkan banyak uang untuk membelinya. Pada dasarnya, tubuh bisa membentengi diri dari berbagai...

Comments

comments