NEVERBLOCK - VPN CEPAT

Ilustrasi banjir. (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

Ilustrasi banjir. (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi)

VIVAlife – Musim hujan yang berlangsung cukup lama dapat berisiko menyebabkan banjir. Ini terlihat dari bencana banjir yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia  akibat  curah hujan yang cukup tinggi.

Jika Anda tinggal di daerah yang rawan banjir, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar keselamatan rumah dan diri Anda tetap terjaga. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat bencana banjir melanda rumah Anda.

Amankan perangkat elektronik dan sistem listrik

Jika banjir mulai melanda bersiaplah bahkan sebelum air memasuki rumah Anda. Pindahkan semua perangkat listrik atau matikan aliran listrik yang berada cukup rendah seperti soket listrik. Hal ini bukan hanya membahayakan keselamatan Anda tetapi mampu mencegah bencana kebakaran karena arus pendek.

Naikkan perangkat luar rumah

Mungkin tidak banyak perangkat rumah yang berada di luar rumah Anda. Namun jika Anda memiliki pompa air atau perangkat air-conditioning yang yang berada di luar rumah dan cukup rendah, ada baiknya Anda segera mencabutnya untuk sementara waktu.

Jika tidak memungkinkan, beri bantalan untuk meninggikan agar tak terendam air banjir.

Akali saluran pembuangan air

Saluran pembuangan merupakan salah satu pintu masuk air ke dalam rumah. Sebisa mungkin akali saluran ini dengan menyumbatnya. Selain mencegah air, juga mencegah kotoran yang sudah terbuang tidak kembali ke dalam rumah.

Pelajari aliran air di sekitar rumah

Pemahaman akan aliran air di sekitar rumah Anda cukup penting, mengingat bentuk permukaan yang tak rata menyebabkan risiko banjir memasuki rumah Anda dengan cepat atau bahkan menjadikan rumah Anda layaknya penampungan air.

Hal ini dapat dipelajari saat hujan dan melihat aliran air hujan tersebut mengalir. Jika merasa aliran air sekitar urmah Anda kurang baik, ada baiknya Anda memperbaikinya atau jika perlu bekerja sama dengan warga sekitar untuk memperbaiki.

Tinggikan rumah

Jika memungkinkan lakukan renovasi rumah dengan meninggikan pondasi. Perkirakan dengan melihat banjir sebelumnya yang pernah terjadi sehingga Anda tahu seberapa tinggi yang diperlukan.

Meninggikan rumah sebenarnya cukup mahal, namun dibandingkan dengan biaya perawatan yang dikeluarkan jika banjir, tentunya biaya renovasi jauh lebih murah.

Sumber: Bankrate


viva

guegamersBerita & PolitikAnhar Rizki Affandi,Indonesia,Jika Anda,Sumber Bankrate
Ilustrasi banjir. (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi) Ilustrasi banjir. (VIVAnews/Anhar Rizki Affandi) VIVAlife - Musim hujan yang berlangsung cukup lama dapat berisiko menyebabkan banjir. Ini terlihat dari bencana banjir yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia  akibat  curah hujan yang cukup tinggi. Jika Anda tinggal di daerah yang rawan banjir, ada beberapa hal yang...

Comments

comments