JakVR - Virtual Reality Guide

Minum air putih dipercaya bisa melunturkan lemak dan membuat kenyang saat melakukan diet.  

Minum air putih dipercaya bisa melunturkan lemak dan membuat kenyang saat melakukan diet.  

VIVAlife – Bentuk tubuh yang ideal adalah dambaan bagi setiap wanita. Banyak dari mereka yang melakukan beragam diet untuk menurunkan berat badan mulai dari diet sehat hingga cara ekstrim. Salah satu cara yang banyak dilakukan para kaum hawa adalah dengan mengkonsumsi banyak air putih setiap harinya. 

Mereka berasumsi bahwa dengan banyak minum air putih maka dapat membantu melunturkan lemak yang ada di tubuh.

Namun, baru-baru ini seorang ahli gizi mengklaim bahwa cara tersebut hanya sekedar mitos. Dr. Beth Kitchin dari Universitas of Alabama mengungkapkan bahwa banyak mengkonsumsi air putih bukanlah kunci untuk menurunkan berat badan.

“Hanya terdapat sangat sedikit bukti yang menunjukkan konsumsi air putih membantu menurunkan berat badan. Ini merupakan mitos yang banyak diyakini orang,” ucapnya, dilansir Daily Mail.

Menurutnya, mengkonsumsi air putih memang baik bagi kesehatan, namun hingga saat ini hanya ada satu studi yang mengatakan bahwa minum air putih dapat membakar sedikit kalori ekstra setiap harinya.

Tak hanya itu, ia juga menambahkan bahwa mengkonsumsi air putih delapan gelas sehari juga merupakan mitos.

“Manusia memang membutuhkan cairan, namun tidak selalu harus air putih. Tidak ada bukti air putih dapat melunturkan lemak dan membuat Anda menjadi lebih kenyang,” ungkapnya.

Ia menjelaskan air adalah cairan terbaik yang dapat membuat tubuh terhidrasi namun minuman lain seperti teh hijau, kopi dan jus juga mampu memberikan manfaat yang sama. Banyak orang yang menganggap bahwa kopi tidak masuk sebagai hitungan cairan yang dibutuhkan tubuh untuk tetap terhidrasi, namun menurutnya hal itu salah.

“Saat Anda minum kopi, tubuh banyak menyerap cairan tersebut terutama bagi mereka yang terbiasa mengasup kafein sehingga tubuh mereka beradaptasi dan mampu terhidrasi,” tambahnya.

Beberapa orang juga percaya jika mengkonsumsi air dingin mampu membantu diet mereka. Hal ini pun dibantah oleh Kitchin. Ia mengatakan bahwa air dingin memang dapat meningkatkan jumlah kalori yang terbakar tetapi tidak sampai membantu menurunkan berat badan.

“Satu-satunya cara menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi kalori lebih sedikit dan saya menyarankan untuk fokus mengkonsumsi buah, sayuran dan sup,” jelasnya.

Sebagai informasi, pernyataan Kitchin ini kontradiktif dengan hasil studi yang dilakukan tahun 2013 yang mengatakan bahwa mengkonsumsi dua gelas air putih sebelum makan mampu membantu menurunkan berat badan. Studi tersebut dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition dan juga mengatakan bahwa minum air putih mampu mengurangi rasa lapar sehingga orang akan mengkonsumsi lebih sedikit kalori.


viva

guegamersBerita & PolitikBeth Kitchin,Daily Mail,Saat Anda
Minum air putih dipercaya bisa melunturkan lemak dan membuat kenyang saat melakukan diet.   Minum air putih dipercaya bisa melunturkan lemak dan membuat kenyang saat melakukan diet.   VIVAlife - Bentuk tubuh yang ideal adalah dambaan bagi setiap wanita. Banyak dari mereka yang melakukan beragam diet untuk menurunkan berat badan mulai...

Comments

comments