JakVR - Virtual Reality Guide

Ilustrasi marah  

VIVAlife – Pandai mengendalikan emosi akan membuat hidup Anda lebih bahagia. Jika emosi terus meluap-luap, maka akan berlarut pada kecemburuan, kegelisahan dan selalu mengurusi hidup orang lain.

Memang tidak ada yang mengajarkan kita untuk mengelola emosi. Tetapi, Anda harus melatih diri untuk menenangkan diri setelah melalui banyak suasana hati seperti sedih, marah  senang ataupun cemas. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dimanfaatkan untuk meredam emosi seperti dikutip dari BodyandSoul:

Emosi adalah energi yang merugikan

Emosi dapat memicu tekanan darah pada otak, menimbulkan gangguan pencernaan hingga gangguan jantung. Fokuslah pada kerugian fisik yang dipicu oleh emosi. Ini akan membantu Anda memegang emosi dan mengendalikannya dengan mudah.

Kenali pola emosional Anda

Suatu peristiwa akan membawa seseorang pada berbagai macam respon. Melawan berarti bertahan atau menyerang, diam berarti waspada dan mencoba untuk berperilaku baik. Respon ini sesuai dengan agresi, depresi atau kecemasan.

Memahami diri sendiri

Setelah mengenali emosi, Anda bisa mulai untuk memproses dan mengurangi kekuatan emosi. Cobalah perangi pikiran irasional dengan cara yang lebih produktif, yaitu berkaca pada diri sendiri. Anda berhasil menjadi tuan pada diri sendiri ketika emosi mampu diredamkan.

Memegang kendali

Sekarang Anda bisa menetapkan bagaimana menanggapi emosi, bukannya menuruti respon reflek di alam bawah sadar. Sekarang Anda dapat menarik diri ketika marah atau hanya berbicara ketika diperlukan. (ren)


viva

guegamersBerita & PolitikAnda Suatu,Sekarang Anda
Ilustrasi marah   VIVAlife - Pandai mengendalikan emosi akan membuat hidup Anda lebih bahagia. Jika emosi terus meluap-luap, maka akan berlarut pada kecemburuan, kegelisahan dan selalu mengurusi hidup orang lain. Memang tidak ada yang mengajarkan kita untuk mengelola emosi. Tetapi, Anda harus melatih diri untuk menenangkan diri setelah melalui banyak suasana hati...

Comments

comments