JakVR - Virtual Reality Guide

Band Gigi Mau Tampil di Kampanye Partai, Asal...

Personil Group Band GIGI, Armand Maulana saat mengadakan konferensi pers jelang berangkat ke studion Abbey Road di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, (23/11). Studio Abbey Road berada di London, Inggris. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

TEMPO.CO, Yogyakarta–Band Gigi tak akan menolak tawaran jika ada partai politik mengundangnya tampil dalam acara kampanye terbuka yang digelar dalam rangkaian pemilihan umum tahun ini, baik pemilu legislatif maupun pemilihan presiden.

Hanya saja, band yang baru saja merampungkan rekaman album terbarunya “Live At Abbey” di Abbey Road London itu tetap mematok satu syarat yang tidak bisa ditawar-tawar lagi.

“Selama kami tidak diminta melakukan yel-yel atau menggunakan atribut partai politik, kami tetap mau tampil menghibur,” kata vokalis Gigi Armand Maulana ketika ditemui Tempo di Yogyakarta Sabtu 22 Februari 2014.

Yel-Yel yang dimaksud Armand tak lain adalah seruan atau ajakan pada penonton yang harus dilakukan Gigi untuk mempengaruhi saat pencoblosan pemilu. “Kalau harus diminta teriak dan mengajak penonton agar memilih partai apa, presidennya pilih siapa, kami tak mau, dari dulu kami tetap tidak akan mau,” kata dia.

Bahkan, hanya untuk sekedar memakai topi partai atau calon presiden saat tampil dalam acara kampanye, Gigi tak akan bersedia.

“Tugas kami hanya menghibur penonton, bukan untuk terlibat jadi juru kampanye. Kalau mau mengundang tampil ya kami harus bebas tampil dengan pakaian pilihan sendiri,” kata suami penyanyi Dewi Gita itu.

Prinsip itu, sudah diterapkan Gigi sejak lama. Armand mencontohkan saat pemilihan umum presdien 2009 silam, band nya juga diundang mengisi acara kampanye. Dan tetap berpakaian bebas dan tak ada yel-yel politik apapun selain hanya menyanyi.

Di balik prinsip bebas yel-yel politik itu, Gigi sendiri masih menyimpan keprihatinan dengan makin maraknya sampah visual perkotaan, terutama menjelang masa pemilu tahun ini. Banyaknya spanduk dan baliho caleg bertebaran secara semrawut hampir di setiap kota.

“Tingkat narsis yang terjadi semakin tinggi, kota semakin penuh sampah visual,” ungkap gitaris Gigi, Dewa Budajana.

PRIBADI WICAKSONO

Baca juga:
Di Lampung, Pemilu Legislatif Bareng Pemilukada
Pemilu 2014, TPS Khusus Hanya Ada di Penjara
SBY Rapat Tertutup dengan 5000 Kader Demokrat Sulawesi
Ketika Ketua MPR Sindir Jokowi Soal Nyapres


tempo

guegamersBerita & PolitikCO,GIGI,PRIBADI,TEMPO,WICAKSONO
Personil Group Band GIGI, Armand Maulana saat mengadakan konferensi pers jelang berangkat ke studion Abbey Road di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, (23/11). Studio Abbey Road berada di London, Inggris. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat TEMPO.CO, Yogyakarta--Band Gigi tak akan menolak tawaran jika ada partai politik mengundangnya tampil dalam acara kampanye terbuka...

Comments

comments