JakVR - Virtual Reality Guide

Banjir Manado, Pusat Cuma Sumbang Rp 100 Juta

Sejumlah warga berusaha menyeberangi banjir menggunakan tali di Kelurahan Wenang, Manado, Sulawesi Utara (15/1). ANTARA/Fiqman Sunandar

TEMPO.CO, Manado – Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan dana bantuan untuk penanganan tanggap darurat bencana di Kota Manado dari pemerintah pusat hanya sebesar Rp 100 juta. Bantuan ini disalurkan pemerintah pusat melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diberikan kepada Kota Manado.

“Bantuan itu disalurkan tepat pada hari ke-16 pasca-bencana di Kota Manado,” kata Lumentut, Sabtu, 1 Februari 2014.

Banjir bandang menerjang Manado pada 15 Januari 2014. Akibat banjir tersebut, sebanyak 19 orang tewas. (Baca juga: Banjir Manado 19 Tewas, Kerugian Rp 1,87 Triliun)

Lumentut mengungkapkan, dari data yang berhasil dirangkum posko penanggulangan bencana Kota Manado, kerugian akibat banjir bandang Manado sebesar Rp 1,8 triliun.

Lumentut merinci bahwa bencana banjir bandang yang terjadi di Kota Manado menghanyutkan 565 rumah dan mengakibatkan 3.702 rumah mengalami kerusakan berat, rusak sedang 1.971, dan rusak ringan 4.073. Banjir juga merusak 31 gereja, 28 masjid dan empat bangunan kelenteng.

“Hingga kini kami masih melakukan pemulihan Kota Manado, mulai dari pembersihan lumpur dan mengangkat sampah yang kini masih berserakan di badan jalan,” kata Lumentut.

Pada Sabtu pagi, 1 Februari 2014, Lumentut memimpin langsung pelaksanaan pembersihan massal yang dilakukan oleh seluruh pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Manado.

ISA ANSHAR JUSUF

Topik terhangat:
Banjir Jakarta Cipularang Ambles Anggoro Ditangkap Jokowi Nyapres Deddy Corbuzier

Berita lain:
Mereka Terseret di Kasus Anggoro Widjojo
Kisah KPK Mengatur Anggoro Dipajang Selama 5 Menit
Muhaimin: Capres PKB Tetap Rhoma Irama
Gita Wirjawan Mundur dari Menteri Perdagangan
Di Balik Mundurnya Menteri Gita Wirjawan

 


tempo

guegamersBerita & PolitikANSHAR,Banjir Manado,CO,ISA,TEMPO
Sejumlah warga berusaha menyeberangi banjir menggunakan tali di Kelurahan Wenang, Manado, Sulawesi Utara (15/1). ANTARA/Fiqman Sunandar TEMPO.CO, Manado - Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut mengatakan dana bantuan untuk penanganan tanggap darurat bencana di Kota Manado dari pemerintah pusat hanya sebesar Rp 100 juta. Bantuan ini disalurkan pemerintah pusat melalui...

Comments

comments