JakVR - Virtual Reality Guide

Salah satu dinding harapan yang terpampang di Georgia. (CNN)

Salah satu dinding harapan yang terpampang di Georgia. (CNN)

VIVAlife – Pasca kehilangan orang tercintanya, Candy Chang menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan apa yang harus dilakukannya pada hari-hari ke depan. Depresi dan kesedihan panjang membawanya pada sebuah perenungan tentang kematian. Chang adalah seorang seniman, desainer dan perencana perkotaan.

Chang mulai berpikir, apakah orang lain juga merenungkan hal yang sama dengan dirinya? Apa yang ingin lakukan sebelum mereka akhirnya mati? 

Dilansir CNN, Chang lalu memutuskan mengundang orang lain untuk berbagi pikiran di ruang publik bernama papan “Before I Die”. Ia mengecat papan tulis di samping sebuah rumah kosong di New Orleans. Siapapun yang melintasi tempat tersebut bisa mengambil kapur, kemudian menuliskan keinginannya. 

Berbagai ekspresi orang-orang yang menuliskan keinginannya mampu menghibur kesedihan Chang. Kebanyakan orang menuliskan harapan mereka tentang kehidupan yang lebih baik, liburan, cinta, keluarga, dan keinginan untuk menolong sesama.

Proyek percobaan dalam membuat ruang publik seperti ini akhirnya menjadi proyek seni global. Dinding “Before I Die” telah menyebar hingga 400 buah di 60 negara, dalam 25 bahasa. Diantaranya Kazakhstan, Portugal, Jepang, Denmark, Irak, Argentina, dan Afrika Selatan.

Sesuatu yang sama sekali tidak pernah dibayangkan oleh Chang sebelumnya.

“Ruang publik adalah ruang kita berbagi, dan mereka menawarkan kepada kita sesuatu yang lebih berharga dan berarti dalam kehidupan daripada hanya sekadar terpuruk dalam kesedihan dan memikirkan kematian,” kata Chang. 


viva

guegamersBerita & PolitikAfrika Selatan,Argentina,Candy Chang,CNN,Denmark,Diantaranya Kazakhstan,New Orleans
Salah satu dinding harapan yang terpampang di Georgia. (CNN) Salah satu dinding harapan yang terpampang di Georgia. (CNN) VIVAlife - Pasca kehilangan orang tercintanya, Candy Chang menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan apa yang harus dilakukannya pada hari-hari ke depan. Depresi dan kesedihan panjang membawanya pada sebuah perenungan tentang kematian. Chang adalah...

Comments

comments