JakVR - Virtual Reality Guide

Bercinta merekatkan hubungan pasangan. (iStock)

Bercinta merekatkan hubungan pasangan. (iStock)

VIVAlife – Pernikahan memang momen mengesankan, tapi tidak semua rumah tangga terus dibekap kebahagiaan. Hubungan suami istri bahkan tidak akan pernah sepi dari masalah dan perkelahian.

Banyak hal yang bisa membuat emosi pasangan naik turun. Masalah finansial sampai anak, bisa memicu konflik. Jika mencari cara efektif meredakan tiap konflik, jawabannya mudah: bercinta.

Zanna Clay dari Emory University di Georgia mengatakan, daripada membiarkan kemarahan semakin membara, lebih baik menggunakan kontak seksual untuk kembali berdamai.

“Jelas bahwa seks dapat memainkan banyak peran, terutama dalam menyelesaikan ketegangan dan stres,” kata Zanna Clay, seperti dikutip dari laman Times of India.

Mengapa bercinta bisa membuat hubungan membaik? Peneliti mengungkap, itu karena hormon stres yang disebut kortisol akan menurun saat pasangan bercinta. Apalagi jika mencapai klimaks.

Sementara itu, oksitosin alias hormon cinta akan meningkat saat kontak seksual terjadi. Bercinta juga melepaskan hormon kebahagiaan sehingga pasangan tidak akan saling meluapkan emosi.

Peneliti menyimpulkan itu setelah mengamati perilaku bonobo, primata sejenis simpanse. Mereka juga menggunakan kontak seksual sebagai salah satu penyelesaian konflik dengan pasangan.

Peneliti kemudian menguji empat hipotesis tentang pasca-konflik kontak seksual: mengurangi stres, reproduksi, mediasi makanan dan konflik, serta memperbaiki hal-hal berharga dalam hubungan.

Akhirnya disimpulkan, aktivitas seksual bonobo berkaitan dengan pelepasan stres mereka. Tak hanya bonobo, kontak seksual ternyata juga sering dijadikan solusi bagi hewan lain untuk meredakan konflik.

Itu juga berlaku bagi manusia. (ren)


viva

guegamersBerita & Politikanak,Emory University,Georgia,India,Zanna Clay
Bercinta merekatkan hubungan pasangan. (iStock) Bercinta merekatkan hubungan pasangan. (iStock) VIVAlife - Pernikahan memang momen mengesankan, tapi tidak semua rumah tangga terus dibekap kebahagiaan. Hubungan suami istri bahkan tidak akan pernah sepi dari masalah dan perkelahian.Banyak hal yang bisa membuat emosi pasangan naik turun. Masalah finansial sampai anak, bisa memicu konflik....

Comments

comments