JakVR - Virtual Reality Guide

Wanita dengan kamar tidur yang lebih terang memiliki lingkar pinggang lebih besar.  

Wanita dengan kamar tidur yang lebih terang memiliki lingkar pinggang lebih besar.  

VIVAlife – Setiap manusia memiliki kebiasaan tidur berbeda. Ada yang memilih tidur dengan lampu menyala. Ada pula yang lebih nyaman tidur dalam gelap.

Namun, sebuah penelitian terbaru yang dilakukan sekelompok ilmuwan di  Institute of Cancer Research, London, menemukan bahwa cahaya di kamar tidur terkait dengan obesitas.

Dalam studi yang diterbitkan jurnal American Journal of Epidemiology ini, sebanyak 113.000 wanita diminta menilai jumlah cahaya di kamar tidur pada malam hari. Apakah cahaya tersebut cukup terang untuk membaca hingga apakah cahaya tersebut memungkinkan mereka melihat seluruh ruangan.

Jawaban para partisipan dibandingkan dengan beberapa ukuran obesitas. Hasilnya, indeks massa tubuh, rasio pinggang hingga pinggul, dan lingkar pinggang lebih tinggi pada wanita yang kamar tidurnya lebih terang.

“Dalam kelompok besar orang ini terdapat keterkaitan antara paparan cahaya yang dilaporkan pada malam hari dan kelebihan berat badan serta obesitas,” ujar peneliti dari Institute of Cancer Research, Anthony Swerdlow, kepada kantor berita BBC.

Meski demikian, ia mengungkapkan bahwa tidak ada cukup bukti apakah tidur di ruang lebih gelap bisa membawa perubahan terhadap berat badan. Menurutnya, mungkin ada penjelasan lain mengenai keterkaitan antara kamar lebih terang dengan obesitas.

“Namun, penemuan ini cukup menarik untuk menjamin penyelidikan ilmiah lebih lanjut,” ujarnya. (asp)


viva

guegamersBerita & PolitikAnthony Swerdlow,BBC,Cancer Research,London
Wanita dengan kamar tidur yang lebih terang memiliki lingkar pinggang lebih besar.   Wanita dengan kamar tidur yang lebih terang memiliki lingkar pinggang lebih besar.   VIVAlife - Setiap manusia memiliki kebiasaan tidur berbeda. Ada yang memilih tidur dengan lampu menyala. Ada pula yang lebih nyaman tidur dalam gelap.Namun, sebuah penelitian...

Comments

comments