JakVR - Virtual Reality Guide

Tutup makanan dan tempat sampah agar tidak dihinggapi lalat. (iStock)

Tutup makanan dan tempat sampah agar tidak dihinggapi lalat. (iStock)

VIVAlife – Lalat hinggap dan “mampir” ke rumah memang meresahkan. Bisa Anda bayangkan serangga itu sering menghabiskan waktu di tempat-tempat kotor seperti sampah dan kotoran, lalu hinggap di makanan atau mainan anak. 

Meskipun lalat tidak mempunyai gigi atau capit, hal yang paling berbahaya dari serangga itu adalah saat ia menghampiri makanan, karena secara tidak langsung lalat menjadi media perpindahan bakteri dan parasit penyebab penyakit. 

Namun, jangan khawatir. Anda bisa mengusir serangga jorok itu dengan beberapa cara, dilansir dari Boldsky:

Cari sumbernya

Lalat menyukai tempat kotor, lembab dan busuk. Lihatkan lingkungan sekitar rumah Anda, apakah ada gundukan atau tempat yang bisa mengundang lalat. Jika ada maka Anda harus segera membersihkan area tersebut.

Jangan biarkan masuk

Sangat sulit mengusir lalat saat sudah masuk ke rumah. Pastikan jendela dan pintu Anda tertutup untuk pencegahan. Atau bila ingin mendapatkan udara segar dan matahari pagi, Anda bisa membuat lapisan tempus pandang agar lalat tidak bisa masuk namun tetap bisa menikmati sinar matahari.

Sering membersihkan rumah

Karena serangga jorok itu senang dengan tempat kotor dan berbau, lap semua bagian rumah Anda sampai bersih. Pastikan tidak ada lengket atau apapun yang tertinggal. Tutup erat plastik sampah agar terbebas dari lalat.

Tutup semua makanan

Tempat yang bersih akan menjauhkan Anda dari lalat. Menutup makanan tidak hanya menjaga dari serangga itu, tetapi juga melindungi dari mikroorganisme dan oksidasi. Daging adalah makanan utama yang harus ditutup.

Pakai minyak aromatik dan herbal

Semprotan berbahan kimia konvensional memang efektif, tapi juga beracun. Herbal adalah pertahanan alami terhadap lalat. Anda bisa menanam daun kemangi di dekat bukaan seperti pintu atau jendela tempat lalat masuk. Lavender dan eucalyptus juga efektif mengusir lalat. (ms)


viva

guegamersBerita & Politikanak,Bisa Anda
Tutup makanan dan tempat sampah agar tidak dihinggapi lalat. (iStock) Tutup makanan dan tempat sampah agar tidak dihinggapi lalat. (iStock) VIVAlife - Lalat hinggap dan 'mampir' ke rumah memang meresahkan. Bisa Anda bayangkan serangga itu sering menghabiskan waktu di tempat-tempat kotor seperti sampah dan kotoran, lalu hinggap di makanan atau mainan...

Comments

comments