JakVR - Virtual Reality Guide

Dennis Rodman Kunjungi Korea Utara

Mantan bintang basket NBA Dennis Rodman (kanan) disambut oleh Wakil Menteri Olahraga Korea Utara, Son Kwang Ho setibanya di bandara internasonal Pyongyang, Korea Utara (19/12). Dennis menjelaskan kunjungannya kali ini adalah untuk eksebisi bola basket. (AP Photo/Kim Kwang Hyon)

TEMPO.CO, Beijing – Mantan pemain bola basket AS, Dennis Rodman, berkunjung ke Korea Utara untuk berekshibisi dan memberikan pelatihan pada tim bola basket negara komunis itu. Mantan pemain yang tubuhnya dipenuhi tato dan tindikan itu menyebut kunjungannya tersebut sebagai “diplomasi bola basket”.

Namun Departemen Luar Negeri AS menegaskan kunjungan Rodman ke Korea Utara itu tidak mewakili pemerintah AS.

Kunjungan itu hanya seminggu setelah Chang Song-thaek, paman pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un, dieksekusi. Analisis menyebutkan, eksekusi Cang Song-thaek merupakan pembersihan politik terbesar setelah kematian pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il, dua tahun silam.

Saat ini tampuk pimpinan Korea Utara ada di tangan Kim Jong-un, putra Kim Jong-il. Rodman menyebut pemimpin Korea Utara ini sebagai teman.

Saat berada di Beijing sebelum menuju Korea Utara, Rodman kepada wartawan menyatakan tak berurusan dengan politik. Mantan bintang NBA ini sebelumnya berkunjung ke Korea Utara, Februari lalu. Waktu itu ia sempat ngobrol dengan Kim Jong-un. Rodman merupakan satu dari tokoh AS yang pertama bertemu Kim Jong-un sejak ia menjadi pemimpin Korea Utara.

“Saya ke Korea Utara hanya untuk urusan bola basket dan senang-senang,” kata Rodman, Kamis, 19 Desember 2013. Panitia kunjungan Rodman menambahkan bahwa Rodman dan sejumlah mantan bintang NBA akan berekshibisi pada 8 Januari mendatang saat perayaan ulang tahun Kim.

BBC | AGUS BAHARUDIN


tempo

guegamersBerita & PolitikAGUS,BAHARUDIN,Beijing,Dennis Rodman,Korea,Korea Utara,TEMPO
Mantan bintang basket NBA Dennis Rodman (kanan) disambut oleh Wakil Menteri Olahraga Korea Utara, Son Kwang Ho setibanya di bandara internasonal Pyongyang, Korea Utara (19/12). Dennis menjelaskan kunjungannya kali ini adalah untuk eksebisi bola basket. (AP Photo/Kim Kwang Hyon) TEMPO.CO, Beijing - Mantan pemain bola basket AS, Dennis Rodman, berkunjung...

Comments

comments