JakVR - Virtual Reality Guide

Lava, Islandia, dipercaya sebagai habitat para peri. (Alamy)

Lava, Islandia, dipercaya sebagai habitat para peri. (Alamy)

VIVAlife – Islandia, negara paling utara di Eropa, dipercaya sebagai habitat para peri. Hal tersebut bisa jadi karena populasi manusia yang sangat jarang. Hasil sensus pada Juli 2013, Islandia hanya berpenduduk 321 ribu jiwa dalam negara seluas 103 ribu km persegi.

Karena itu, ketika pemerintah Islandia memutuskan untuk membangun jalan raya untuk mempermudah transportasi, sekelompok warga bersatu berunjuk rasa agar proyek tersebut dibatalkan. Setiap hari mereka berbaris mengelilingi alat-alat berat yang diletakkan di sekitar proyek. Alasannya, karena proyek pembangunan jalan tersebut dikhawatirkan akan mengganggu habitat para peri.

Adapun proyek jalan tersebut dibangun untuk menghubungkan semenanjung Alftanes dengan ibukota Islandia, Reykjavik.

Para warga yang berdemonstrasi mengatakan proyek jalan tersebut bersinggungan dengan gereja elf atau gereja peri, yang berlokasi di Lava, dekat Alftanes. Rupanya, unjuk rasa yang diajukan kelompok Friends of Lava itu mendapat persetujuan dari pengadilan tertinggi di Islandia. Hakim yang berwenang memutuskan menunda proyek tersebut dan melakukan pemeriksaan lingkungan lebih lanjut.

Selain mengkhawatirkan “habitat” para peri, Friends of Lava juga menyebutkan proyek jalan tersebut akan berakibat buruk baik pada lingkungan maupun kebudayaan masyarakat setempat. Masyarakat Islandia percaya peri masih hidup berdampingan dengan manusia di negara mereka.

Sebuah survei yang dilakukan University of Iceland pada 2007 menemukan bahwa 62 persen masyarakat Islandia percaya peri itu ada. Bahkan banyak warga Islandia yang mengaku bisa berkomunikasi dengan peri lewat telepati.

“Proyek jalan akan sangat merusak baik bagi dunia peri juga bagi manusia,” kata Ragnhildur Jonsdottir, salah satu pengunjuk rasa, yang juga “dekat” dengan peri, seperti dilansir Daily Mail.

Sementara ahli lingkungan Andri Snaer Magnason mengemukakan alasan yang lebih logis. “Proyek jalan tersebut akan mengganggu tempat bersarang banyak spesies hewan unik yang tinggal di Lava juga daerah-daerah sekitarnya,” terang Magnason.


viva

guegamersBerita & PolitikAlamy Lava,Andri Snaer Magnason,Daily Mail,Iceland,Masyarakat Islandia,Ragnhildur Jonsdottir
Lava, Islandia, dipercaya sebagai habitat para peri. (Alamy) Lava, Islandia, dipercaya sebagai habitat para peri. (Alamy) VIVAlife – Islandia, negara paling utara di Eropa, dipercaya sebagai habitat para peri. Hal tersebut bisa jadi karena populasi manusia yang sangat jarang. Hasil sensus pada Juli 2013, Islandia hanya berpenduduk 321 ribu jiwa dalam...

Comments

comments