JakVR - Virtual Reality Guide

Film Soekarno  

VIVAlife – Produser film terkenal Raam Punjabi dipanggil pihak penyidik Polda Metro Jaya guna dimintai keterangannya atas laporan Rachmawati Soekarno Putri terkait kasus hak cipta dan pembuatan film Soekarno.

Raam tiba di Polda pukul 10.30 WIB. Raam diperiksa selama 10 jam. Produser asal India itu dicecar 47 pertanyaan oleh penyidik.

“Kita masih mengumpulkan keterangan saksi, nanti juga akan diminta keterangan saksi ahli. Bisa dari badan sensor film dan departemen hak cipta,” ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Rabu 19 Februari 2014.

Film Soekarno sendiri merupakan film yang diproduksi oleh Multivion Plus yang mengisahkan tentang kiprah Soekarno selama menjadi presiden RI. Namun film tersebut telah ditarik dari peredaran setelah sempat tayang selama kurang lebih tiga hari. Penarikan film tersebut dari bioskop terkait dengan laporan Rachmawati Soekarno Putri ke Polda Metro Jaya.

Sebelumnya Rachmawati Soekarnoputri, tiga bulan lalu telah melaporkan sutradara ternama Hanung Bramantyo ke Polda Metro Jaya atas tudingan pencemaran nama baik. Hal itu terkait dengan pembuatan film Soekarno: Indonesia Merdeka! yang digarap Hanung.

Tidak hanya itu, beberapa hari lalu Rachmawati meminta perlindungan hukum dari Mabes Polri terkait pelanggaran hak cipta dalam pembuatan film tersebut. Kini, salah satu putri Proklamator itu juga menyurati Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jendral Sutarman.

Sebelum meminta perlindungan hukum pada Sutarman, Rachmawati juga telah melaporkan kasus film tersebut ke Pengadilan Niaga di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dengan surat nomor 93/Pdt.Sus-Hak Cipta/2013/PN.

Pihak pengadilan pun akhirnya memerintahkan penyitaan master film serta melarang pemutaran film itu di bioskop. Tak hanya itu, tiga saksi ahli juga dimintai keterangan dan membenarkan unsur pelanggaran karya cipta itu. (sj)

Laporan: Hartini Apriliasari


viva

guegamersSelebritisFilm Soekarno,Indonesia,Polda Metro Jaya,Raam Punjabi,RI
Film Soekarno   VIVAlife - Produser film terkenal Raam Punjabi dipanggil pihak penyidik Polda Metro Jaya guna dimintai keterangannya atas laporan Rachmawati Soekarno Putri terkait kasus hak cipta dan pembuatan film Soekarno. Raam tiba di Polda pukul 10.30 WIB. Raam diperiksa selama 10 jam. Produser asal India itu dicecar 47 pertanyaan...

Comments

comments