JakVR - Virtual Reality Guide

Diprotes KPK Soal Hambit, Ini Kata Gamawan

Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Hambit Bintih, tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan, pada 21 Oktober 2013. Hambit diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap kepengurusan sengketa pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah, yang melibatkan Ketua Mahkamah Kostitusi non aktif, Akil Mochtar. TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO, JakartaWakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Bambang Widjojanto yang mengkritik pelantikan Hambit Bintih sebagai Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi pun menerima pernyataan itu. Namun Gamawan juga meminta KPK menghormati keputusan pelantikan Hambit, lantaran sudah diatur dalam undang-undang. “Prosedur pemerintah harus dihormati,” kata Gamawan, Selasa, 23 Desember 2013.

Hambit, Gamawan melanjutkan, merupakan bupati yang dipilih oleh rakyat sehingga tetap harus dilantik. Usai pelantikan, Hambit bisa menyerahkan tugas bupati kepada wakilnya, Arton S Dohong. “Bagaimana akan diberhentikan kalau tak dilantik,” ujarnya.

Kementerian Dalam Negeri sendiri belum bisa memberhentikan Hambit lantaran statusnya masih tersangka. Menurut Gamawan, undang-undang hanya memperbolehkan pemerintah untuk menonaktifkan orang bila telah menjadi terdakwa.

Hambit Bintih-Arton S Dohong merupakan calon yang dimenangkan oleh Mahkamah Konstitusi dalam sengekta pemilukada Kabupaten Gunung Mas. Hambit belakangan dijadikan tersangka oleh KPK lantaran diduga menyuap Akil Mochtar ketika masih menjadi Ketua MK. Ia kini mendekam di rumah tahanan POM DAM Guntur Jaya.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto kemarin mengkritik rencana pelantikan Hambit. Ia mengatakan, dari segi hukum, Hambit memang masih berhak dilantik. Namun dari sudut moral, keputusan pemerintah untuk tetap melantik Hambit dipandangnya bermasalah.

NUR ALFIYAH


Terpopuler:
Penahanan Anas Tunggu Siapnya Sel Guntur 
Abraham Samad: KPK Tak Gentar Periksa Ibas 
Hambit Bintih Dilantik, KPK Protes 
‘Penyakit Atut Tak Bisa Dijelaskan Secara Medis’ 
Usul KPK Kurangi Utang Negara Rp 2.000 Triliun  


tempo

guegamersBerita & PolitikCO,Gunung Mas,Hambit Bintih,KPK,NUR,TEMPO
Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Hambit Bintih, tiba di gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan, pada 21 Oktober 2013. Hambit diperiksa sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap kepengurusan sengketa pilkada Gunung Mas, Kalimantan Tengah, yang melibatkan Ketua Mahkamah Kostitusi non aktif, Akil Mochtar. TEMPO/Dhemas Reviyanto TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Ketua Komisi...

Comments

comments