JakVR - Virtual Reality Guide

Ilustrasi minuman kopi. (iStock)

Ilustrasi minuman kopi. (iStock)

VIVAlife – Lupakan kafe nyaman, mesin mahal, atau biji kopi eksklusif. Ilmuwan telah menemukan formula yang membuat kopi bercita rasa sempurna. Tiga hal tadi, tak ada hubungannya sama sekali.

Yang membuat kopi menjadi nikmat justru kualitas air. Ilmuwan yang melibatkan ahli kopi, telah melakukan uji coba meracik biji kopi yang sama dengan berbagai kualitas air. Rasanya dibedakan.

Ditemukan, kualitas air ternyata membuat perbedaan yang dramatis dalam rasa akhir kopi. Air yang punya kandungan ion magnesium lebih tinggi, meningkatkan ekstraksi kopi. Rasanya pun meningkat.

Sedang air yang kaya sodium tak membuat kopi menjadi nikmat. Air dengan kandungan bikarbonat tinggi, juga buruk untuk rasa. Itu disampaikan Christopher Hendon, ahli kimia dari University of Bath.

“Kopi mengandung banyak unsur kimia. Komposisinya tergantung pada bagaimana kualitas biji dan proses pemanggangannya. Rasa kopi, ditentukan unsur kimia itu diekstraksi dalam air,” katanya.

Proses ekstraksi itu punya beberapa faktor penentu lagi. Di antaranya: bagaimana biji kopi dipanggang dan digiling, suhu, tekanan, dan waktu peracikan. Tapi yang paling memengaruhi, sekali lagi, adalah air.

“Kami menemukan bahwa komposisi atau kualitas air adalah kunci untuk proporsi gula, pati basa, dan asam yang diekstraksi dari biji kopi tertentu,” ujar Hendon lagi, menjelaskan dalam Daily Mail.

Sebagai informasi, industri kopi Eropa dewasa ini berpegang pada pedoman ideal air untuk mengekstraksi kopi yang diterbitkan Speciality Coffee Association of Europe. Untuk mengukur kepadatan biji kopi yang terlarut, mereka menggunakan pengukuran konduktivitas ionik.


viva

guegamersBerita & PolitikChristopher Hendon,Daily Mail,Europe
Ilustrasi minuman kopi. (iStock) Ilustrasi minuman kopi. (iStock) VIVAlife - Lupakan kafe nyaman, mesin mahal, atau biji kopi eksklusif. Ilmuwan telah menemukan formula yang membuat kopi bercita rasa sempurna. Tiga hal tadi, tak ada hubungannya sama sekali.Yang membuat kopi menjadi nikmat justru kualitas air. Ilmuwan yang melibatkan ahli kopi, telah melakukan...

Comments

comments