JakVR - Virtual Reality Guide

Deddy Corbuzier. (Twitter.com/corbuzier)

Deddy Corbuzier. (Twitter.com/corbuzier)

VIVAlife – Mentalist Deddy Corbuzier dikabarkan mengalami kelumpuhan, ia tampil menggunakan kursi roda dalam acara The Next Mentalist, beberapa waktu lalu. Seperti diakui Deddy, syarafnya terjepit tulang ekor saat ia berolahraga. Seperti apa penyakit penyempitan saraf yang dialaminya?

Eka Harmeiwaty, dokter spesialis saraf menjelaskan, penyempitan saraf punggung atau tulang belakang adalah kondisi bantalan tulang belakang rusak. Akibatnya: tulang menonjol dan menekan saraf tulang yang ada di belakangnya. Nyeri pun tak bisa dihindari.

Penyebabnya bisa dikarenakan faktor degeneratif, serta faktor usia untuk orang tua. Sementara untuk yang masih muda, disebabkan oleh trauma berat atau ringan yang berulang-ulang, termasuk ketika menjalani olahraga.

“Kalau ketika olahraga, ini terjadi karena kurang pemanasan,” kata Eka Harmaeiwaty pada VIVAlife.

Lanjut Eka, dampak yang ditimbulkan beragam. Tergantung berat ringan penyempitan, juga luas bagian tulang belakang yang terkena. Penderita bisa merasakan nyeri, kebas–gangguan sistem saraf sensorik, serta kelemahan pada kaki.

Mereka yang mengalami ini, akan diberi obat untuk menghilangkan atau mengurangi penyempitan dan meredakan nyeri. Dalam kasus ringan, disarankan memakai korset khusus, fisioterapi, bahkan bila perlu dilakukan traksi, yaitu tindakan untuk memindahkan lokasi tulang yang bermasalah. 

Bagi pasien yang mengalami penyempitan saraf berat, dilakukan operasi laminektomi. Yakni operasi pengeluaran lamina, prosedur pembedahan untuk menghilangkan tekanan pada saraf tulang belakang. Kalau nyeri hebat, kata Eka, pasti akan mengganggu aktivitas dan pasien harus imobilisasi selama beberapa hari. 

Menyinggung kasus Deddy yang banyak dikaitkan dengan diet OCD, Eka menyampaikan, penyakit ini tak ada hubungannya sama sekali dengan masalah pencernaan.

“Menurut saya, kasus Dedy ada hubungan dengan olahraga yang dilakukannya. Sebaiknya sebelum olahraga harus dilakukan pemanasan terlebih dahulu dan diakhiri dengan pendinginan,” lanjut Eka yang berpraktik di Rumah Sakit Harapan Kita ini.


viva

guegamersBerita & PolitikDeddy Corbuzier,Eka Harmaeiwaty,Eka Harmeiwaty,Lanjut Eka,Next Mentalist,OCD,Rumah Sakit Harapan Kita
Deddy Corbuzier. (Twitter.com/corbuzier) Deddy Corbuzier. (Twitter.com/corbuzier) VIVAlife - Mentalist Deddy Corbuzier dikabarkan mengalami kelumpuhan, ia tampil menggunakan kursi roda dalam acara The Next Mentalist, beberapa waktu lalu. Seperti diakui Deddy, syarafnya terjepit tulang ekor saat ia berolahraga. Seperti apa penyakit penyempitan saraf yang dialaminya? Eka Harmeiwaty, dokter spesialis saraf menjelaskan, penyempitan saraf...

Comments

comments