JakVR - Virtual Reality Guide

Festival Film Eropa akan digelar pada 2-11 Mei 2014 di beberapa kota di Indonesia.  

Festival Film Eropa akan digelar pada 2-11 Mei 2014 di beberapa kota di Indonesia.  

VIVAlife – Bagi Anda penggemar film, Festival Film Eropa bertajuk “Europe on Screen” (EOS) 2014 kembali digelar di Indonesia. Festival yang berlangsung pada tanggal 2 hingga 11 Mei 2014 itu akan memutar 71 film dari 26 negara Eropa.

Adapun negara-negara tersebut antara lain Austria, Belgia, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hongaria, Irlandia, Italia, Luksemburg, Polandia, Portugal, Rumania, Slovakia, Spanyol, Swedia, Belanda, Inggris, Islandia, Norwegia, Serbia, dan Swiss.

EOS 2014 diselenggarakan di sembilan kota di Tanah Air, yaitu Banda Aceh, Bandung, Denpasar, Jakarta, Makassar, Medan, Padang, Surabaya, dan Yogyakarta. Seluruh film diputar gratis.

“Seluruh film yang telah kami pilih merupakan film-film bagus yang merupakan refleksi dari keanekaragaman di Eropa,” ujar Olof Skoog, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia dalam konferensi pers yang digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, Selasa, 22 April 2014.

Skoog juga mengatakan bahwa budaya film merupakan salah satu globalisasi dimana melalui film orang akan mengetahui apa yang terjadi di berbagai tempat di dunia.

“Konsistensi kami menggelar festival ini juga demi membangun jembatan antara Indonesia dan Eropa,” ujarnya.

Sedangkan menurut Orlow Seunke, Direktur Festival EOS 2014, kualitas film-film Eropa di mata penikmat film Indonesia masih dinilai kurang bagus jika dibandingkan dengan film garapan Hollywood, Bollywood, atau China.

“Banyak yang beranggapan bahwa film Eropa cenderung film yang berat, berseni tinggi dengan aktor yang terlalu banyak bicara serta ending cerita yang tidak jelas. Dengan festival ini, kami ingin menghilangkan imej tersebut,” jelasnya yang ditemui dalam kesempatan yang sama.

Menurut Seunke, film-film Eropa juga menarik, menghibur, dan mudah dipahami. Untuk itulah, 71 film yang akan diputar di EOS 2014 nanti merupakan film-film pilihan yang ringan.

Film

Malam Pembukaan Festival akan menyajikan film Philomena, film Inggris tahun 2013 karya sutradara Stephen Freaers yang memenangkan penghargaan BAFTA tahun 2014 untuk Best Adapted Screenplay dan mendapatkan empat nominasi penghargaan Oscar 2014 – termasuk Best Picture dan Best Actress. Sedangkan di malam penutupan akan diputar film The Shooter (Skytten), film Denmark produksi tahun 2013 karya sutradara Annette L Lolesen.

Festival ini akan menyajikan pula tujuh film dalam segmen untuk anak-anak serta delapan film yang akan diputar dalam konsep layar tancap. Program pemutaran film akan dilengkapi pula dengan kehadiran tamu istimewa, lokakarya, diskusi film, dan pemutaran 10 film karya finallis Lomba Film Pendelk EOS ke-4. “Film Terbaik” pilihan juri internasional kompetisi tersebut akan diumumkan pada malam penutupan.

Festival Film Eropa merupakan inisiatif bersama dari para kedutaan besar dan pusat kebudayaan negara-negara Eropa di Indonesia. Festival ini diselenggarakan di Indonesia untuk pertama kalinya pada tahun 1990, kemudian yang kedua pada tahun 1999. Sejak 2003, Festival ini mulai diselenggarakan reguler setiap tahun dengan tajuk Europe on Screen. (ita)


viva

guegamersSelebritisDenmark,EOS,Europe,Festival Film Eropa,Indonesia
Festival Film Eropa akan digelar pada 2-11 Mei 2014 di beberapa kota di Indonesia.   Festival Film Eropa akan digelar pada 2-11 Mei 2014 di beberapa kota di Indonesia.   VIVAlife - Bagi Anda penggemar film, Festival Film Eropa bertajuk 'Europe on Screen' (EOS) 2014 kembali digelar di Indonesia. Festival yang...

Comments

comments