JakVR - Virtual Reality Guide

Toko musik Aquarius di Jalan Mahakam, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menggelar diskon hingga 70 persen, Kamis (26/12/2013). (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

Toko musik Aquarius di Jalan Mahakam, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menggelar diskon hingga 70 persen, Kamis (26/12/2013). (VIVAnews/Ikhwan Yanuar)

VIVAlife – Aquarius Musikindo, menjadi satu-satunya produser musik Indonesia yang membuka toko untuk menjual berbagai CD dan kaset original. Berdiri di beberapa titik di kota besar, seperti Pondok Indah Jakarta, Dago Bandung dan Mahakam.

Kini, satu per satu toko musik tersebut harus tutup. Setelah cabang Dago tutup pada Desember 2009 dan diikuti dengan tutupnya cabang terbesar di Pondok Indah pada 25 Agustus 2010 lalu, kini giliran Aquarius Mahakam.

Beberapa waktu lalu, VIVAlife sempat mengunjungi toko musik yang terletak di Jalan Mahakam 1 nomor 3, Jakarta Selatan ini. Sudah ada spanduk bertuliskan ‘diskon 50 persen’ menghiasi pintu masuk.

Saat itu, kabar tutupnya Aquarius Mahakam sudah santer terdengar. Namun belum diketahui kepastian kapan toko musik yang berdiri sejak tahun 1970-an ini akan tutup.

Namun kini, Alyaw, Manager Toko Aquarius Mahakam, sudah menetapkan tanggal berakhirnya saksi sejarah musik Indonesia tersebut. 31 Desember 2013 menjadi waktu yang dipilih Aquarius untuk mengakhiri masa jayanya.

“Kami sudah pasang pengumuman. Tepatnya tanggal 31 Desember 2013, jam 9 malam,” ujarnya saat dihubungi VIVAlife, Jumat, 27 Desember 2013.

Sebagai penutupan, Aquarius memberikan diskon besar pada para pelanggannya. Jika sebelumnya hanya 50 persen, kini hingga 31 Desember nanti, diskon yang diberikan mencapai 70 persen.

Tutupnya toko musik yang awalnya berada di Adiron Plaza -kini Blok M Square- tentu disayangkan banyak pihak. Namun menurut Alyaw dalam dunia bisnis, hal ini bisa terjadi pada siapapun.

Meski mengakui bahwa tingkat pembelian kaset dan CD secara fisik, mulai mengalami penurunan,  Alyaw menolak Aquarius disebut bangkrut. Baginya toko musik yang pada tahun 1980-an, akhirnya memiliki bangunan sendiri di Jalan Mahakam ini, tidak mengalami kebangkrutan. Melainkan ada hal-hal dalam perhitungan dunia bisnis yang memang mengharuskan Aquarius untuk tutup.

“Perubahan zaman. Itu hukum alam. Dulu zamannya kaset, lalu beralih ke CD. Sekarang kita nggak tahu akan ada perkembangan apa lagi ke depannya,” ujarnya. (sj)

Lihat foto-fotonya di tautan ini.


viva

guegamersSelebritisAquarius Mahakam,FOTO,Jakarta Selatan,Jalan Mahakam,Kebayoran Baru,Pondok Indah
Toko musik Aquarius di Jalan Mahakam, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menggelar diskon hingga 70 persen, Kamis (26/12/2013). (VIVAnews/Ikhwan Yanuar) Toko musik Aquarius di Jalan Mahakam, Blok M, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, menggelar diskon hingga 70 persen, Kamis (26/12/2013). (VIVAnews/Ikhwan Yanuar) VIVAlife - Aquarius Musikindo, menjadi satu-satunya produser musik Indonesia...

Comments

comments