JakVR - Virtual Reality Guide

Hadapi PKL, Pengelola Pasar Senen Bawa Golok

Sejumlah pedagang Blok III Pasar Senen berjualan di badan jalan di sekitar Pasar Senen, Jakarta, Senin (28/4). Para pedagang terpaksa berjualan di badan jalan dan parkiran karena kios mereka ludes terbakar dalam kebakaran pada Jumat (25/4) dinihari. TEMPO/Dian Triyuli Handoko

TEMPO.CO, Jakarta – Manajer Unit Besar Blok III Pasar Senen, Royani membawa golok ketika menghalau dan meminta para pedagang kaki lima memindahkan barang dagangannya dari bahu jalan ke dalam Tempat Penampungan Sementara Blok V Pasar Senen. Royani mengaku golok itu sengaja dia bawa untuk tujuan tertentu.

“Ini (golok) buat memutus tali tenda pedagang agar mau pindah,” katanya kepada Tempo, Jumat 23 Mei 2014. Menurut dia, para pedagang menggunakan berbagai jenis tali, seperti rafia, tambang, sampai kawat untuk memasang tenda. “Masa tali itu saya putusin pakai gigi?”

Sejumlah pedagang yang melihat Royani membawa golok, protes. Seorang penjual makanan kecil, Ninis, 53, tahun, keberatan ketika pengelola pasar langsung menggusur lapak pedagang. “Kami masih ada waktu berjualan di sini (jalan) sampai hari Minggu,” kata korban kebakaran Pasar Senen pada 25 April lalu.

Menurut Royani, jika sampai Senin, 26 Mei 2014, para pedagang masih berjualan di jalanan, dia tak segan lagi mengayunkan goloknya untuk memutus tali-temali yang menghubungkan penyangga lapak pedagang. “Kalau saya belum capek, saya gotong-gotong juga itu semua tenda yang masih ada,” ujarnya.

Mengenai Pedagang Kaki Lima tanpa Surat Izin Tempat yang masih bandel berjualan di pinggir jalan, ia mengatakan akan mengusir mereka. “Saya suruh pulang kampung semua,” ujarnya.

URSULA FLORENE SONIA

Topik terhangat:
Jokowi -Kalla | Prabowo-Hatta | Raibnya Bos Artha Graha | Tragedi JIS

Berita terpopuler:
Piyu Ragukan Jokowi-JK
Pengakuan Staf Khusus Suryadharma Soal Haji Gratis
Peserta Haji Gratis Sudutkan Anggito


tempo

guegamersBerita & PolitikMengenai Pedagang Kaki Lima,Menurut Royani,Pasar Senen,Surat Izin Tempat,TEMPO
Sejumlah pedagang Blok III Pasar Senen berjualan di badan jalan di sekitar Pasar Senen, Jakarta, Senin (28/4). Para pedagang terpaksa berjualan di badan jalan dan parkiran karena kios mereka ludes terbakar dalam kebakaran pada Jumat (25/4) dinihari. TEMPO/Dian Triyuli Handoko TEMPO.CO, Jakarta - Manajer Unit Besar Blok III Pasar Senen,...

Comments

comments