JakVR - Virtual Reality Guide

Asupan nutrisi dan stimulasi dari orang tua selama 1000 hari pertama atau dua tahun sangat menentukan perkembangan otak anak. (iStock)

Asupan nutrisi dan stimulasi dari orang tua selama 1000 hari pertama atau dua tahun sangat menentukan perkembangan otak anak. (iStock)

VIVAlife – Penting bagi ibu dan ayah untuk memiliki pengetahuan mengenai bagaimana cara mendidik anak dan kebutuhan pada masa tumbuh kembangnya. Karena, pada massa 1.000 hari sejak dalam kandungan hingga 2 tahun merupakan periode kritis yang menjadi penentu perkembangan otak anak.

Pada Jumat, 6 Juni 2014, Morinaga menyelenggarakan media workshop dengan tema “Bantu Anak Indonesia Berperilaku Cerdas dan Cerdas Berperilaku”.

Dengan menghadirkan narasumber Dr. Eddy Fadlyana Spa(K), M.Kes, Ketua UKK Tumbuh Kembang Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia(IDAI), Dr. Ahmad Suryawan, SpA(k), Ketua Divisi Tumbuh Kembang Anak & Remaja Departemen Ilmu kesehatan Anak RSU. Dr Soetomo FK Unair, Surabaya dan DR. Rose Mini, M.Psi, psikolog UI.

Menurut DR. Dr. Ahmad Suryana, ada dua faktor kunci keberhasilan pembentuk kecerdasan dan berperilaku pada masa awal kehidupan anak.

Seribu hari pertama menjadi momen penting atau periode kritis bagi pertumbuhan si kecil. Tetapi, jika pemenuhan gizi di 1.000 hari pertama belum optimal, orang tua sebaiknya memahami setiap tumbuh kembang anak dengan baik.

“Pemahaman yang baik akan menuntun orang tua untuk mengetahui nutrisi terbaik yg harus diberikan,” kata dr. Ahmad Suryana.

Hal serupa juga dituturkan DR. Rose Mini, M.Psi yang akrab dipanggil Bunda Romi. Menurut dia, penting bagi orang tua untuk bersikap terbuka dan memberikan stimulasi. 

“Cara orang tua menerapkan pola asuh juga berpengaruh terhadap cara pemberian stimulasi anak, hasil stimulasi tersebut akan membetuk kecerdasan dan pemahaman akan kondisi diri dan lingkungannya,” papar Bunda Romi.

Selain itu, diperlukan nutrisi seimbang yang bersumber dari asupan makanan bergizi juga makanan pendamping seperti susu. 

“Intinya asupan nutrisi dan stimulasi dari orang tua selama 1.000 hari pertama atau dua tahun sangat menentukan perkembangan otak anak,” tutur Bunda Romi. (art)


viva

guegamersBerita & Politikanak,Bunda Romi,DR,Indonesia,Rose Mini
Asupan nutrisi dan stimulasi dari orang tua selama 1000 hari pertama atau dua tahun sangat menentukan perkembangan otak anak. (iStock) Asupan nutrisi dan stimulasi dari orang tua selama 1000 hari pertama atau dua tahun sangat menentukan perkembangan otak anak. (iStock) VIVAlife - Penting bagi ibu dan ayah untuk memiliki pengetahuan mengenai...

Comments

comments