JakVR - Virtual Reality Guide

Agar mendapat manfaat sehat dari teh, mengonsumsinya tak boleh sembarangan. (istockphoto)

Agar mendapat manfaat sehat dari teh, mengonsumsinya tak boleh sembarangan. (istockphoto)

VIVAlife – Budaya minum teh sangat mengakar di Indonesia. Itu bukan sekadar kebiasaan penghilang penat di sore hari. Teh juga membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan kolesterol.

Namun, meraup sehat dari secangkir teh tak bisa sembarangan dilakukan. Misalnya, riset menunjukkan, manfaat maksimal teh hanya bisa diperoleh melalui konsumsi rutin: 4 sampai 6 cangkir per hari.

Selain itu, masih ada aturan lain yang harus “ditaati” agar manfaat teh dapat dirasakan optimal oleh tubuh. Menurut pakar diet klinis, Emilia E Achmadi, berikut hal yang harus diperhatikan saat mengonsumsi teh.

Seduh satu kali

Hasil seduhan kedua sudah tak lagi menyimpan nutrisi dan mineral yang terkandung dalam teh. “Satu kali penyeduhan adalah proses mencapai keseimbangan rasa yang tepat, serta manfaat kesehatan, seperti kandungan antioksidan dan asam amino pada teh,” ujar Emilia. Jangan merasa sayang atau terlalu hemat dengan menyeduh teh berulang-ulang.

Perhatikan porsi

Penting memperhatikan porsi, agar asupan nutrisi teh mencukupi kebutuhan tubuh. Perhatikan pula untuk tidak menggunakan teh secara berlebihan. Untuk satu cangkir teh, diperlukan sebanyak 250cc air. Selain itu, teh yang digunakan pun cukup satu sendok teh untuk sekali seduh.

Hindari merebus teh

Cukup menyeduh teh dengan air panas, jangan merebusnya di atas kompor. Sebab, itu melenyapkan nutrisi yang terkandung di dalamnya. “Suhu 100 derajat Celsius membuat zat-zat yang baik dalam teh hilang,” lanjut Emilia.

Perhatikan suhu air

Emilia menambahkan, saat air mendidih, jangan langsung dipakai menyeduh teh. Diamkan dulu hingga suhunya berkisar antara 85 hingga 80 derajat selsius. Itu merupakan suhu terbaik untuk menyeduh teh. Air yang terlalu panas, akan menghilangkan kandungan baiknya.

Segera diminum

Setelah diseduh, teh sebaiknya tidak didiamkan terlalu lama dalam keadaan terbuka. Sebab, proses oksidasi akan menghilangkan kandungan sehatnya. Jika tidak diminum sampai habis, simpan teh dalam lemari es dengan kondisi tertutup. Suhu dingin akan menjaga kandungan antioksidannya.

Cara penyimpanan

Cara menyimpan teh harus diperhatikan, agar teh tetap segar saat akan dikonsumsi. Untuk itu, simpan teh di dalam lemari es dengan kemasan yang aman bagi kesehatan. Begitu juga dengan teh dalam kemasan siap saji.


viva

guegamersBerita & PolitikIndonesia
Agar mendapat manfaat sehat dari teh, mengonsumsinya tak boleh sembarangan. (istockphoto) Agar mendapat manfaat sehat dari teh, mengonsumsinya tak boleh sembarangan. (istockphoto) VIVAlife - Budaya minum teh sangat mengakar di Indonesia. Itu bukan sekadar kebiasaan penghilang penat di sore hari. Teh juga membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan kolesterol.Namun, meraup...

Comments

comments