JakVR - Virtual Reality Guide

Wanita usia 30an yang tidak berolahraga, berisiko menderita sakit jantung 50 persen lebih besar daripada mereka yang aktif. (Fitness Network)

Wanita usia 30an yang tidak berolahraga, berisiko menderita sakit jantung 50 persen lebih besar daripada mereka yang aktif. (Fitness Network)

VIVAlife – Jika Anda menginjak usia 30 tahun, sudah saatnya menaruh perhatian lebih terhadap kesehatan. Di rentang usia ini, wanita rentan terkena berbagai problem kesehatan, terutama bagi mereka yang tidak berolahraga. 

Hal tersebut diungkapkan dalam penelitian yang dilakukan University of Queensland. Dari hasil penelitian, diketahui wanita berusia 30an yang tidak berolahraga memiliki risiko penyakit jantung lebih besar dibanding mereka yang merokok atau obesitas.

“Bagi mereka yang tidak berolahraga, angka risikonya bisa meningkat hingga 50 persen,” tutur Kepala Peneliti Profesor Wendy Brown, dilansir Daily Mail.

Studi dilakukan terhadap lebih dari 32 ribu wanita usia 22-90 tahun. Mereka disurvei secara mendetail mengenai gaya hidup dan kecenderungan sakit jantung. Dari data yang dikumpulkan, para peneliti kemudian mengolahnya menggunakan formula matematika guna mengetahui rasio kecenderungan sakit jantung berdasarkan gaya hidup, terutama kebiasaan berolahraga. 

“Dari hasil olahan data, diketahui bahwa kelompok wanita usia 30an yang tidak berolahraga punya risiko sakit jantung yang lebih tinggi dibanding kelompok usia lainnya,” papar Profesor Brown.

Sementara itu, diketahui risiko semakin menurun seiring pertambahan usia. Dengan kata lain, wanita berusia 50 tahun yang tidak berolahraga punya risiko sakit jantung yang lebih rendah dibanding mereka yang berusia 40 tahun. 

Dari hasil survei juga diketahui para wanita usia 30an memang pada umumnya malas berolahraga karena sudah disibukkan dengan pekerjaan dan keluarga. Tidak punya waktu menjadi alasan utama, disusul malas dan tidak ada teman. 

Padahal, berolahraga selama 15 menit per hari atau rata-rata dua jam seminggu bisa merendahkan risiko sakit jantung, sekaligus membuat tubuh lebih bugar. Berolahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah dan mengurangi kadar kolesterol yang bisa menyumbat arteri. (art)


viva

guegamersBerita & PolitikDaily Mail,Fitness Network,Jika Anda,Kepala Peneliti Profesor Wendy Brown,Profesor Brown
Wanita usia 30an yang tidak berolahraga, berisiko menderita sakit jantung 50 persen lebih besar daripada mereka yang aktif. (Fitness Network) Wanita usia 30an yang tidak berolahraga, berisiko menderita sakit jantung 50 persen lebih besar daripada mereka yang aktif. (Fitness Network) VIVAlife - Jika Anda menginjak usia 30 tahun, sudah saatnya menaruh...

Comments

comments