JakVR - Virtual Reality Guide

Sering mengubah pola diet bisa membahayakan kesehatan usus. (istockphoto)

Sering mengubah pola diet bisa membahayakan kesehatan usus. (istockphoto)

VIVAlife – Setiap hari tampaknya ada saja metode-metode diet terbaru yang ditawarkan untuk menurunkan berat badan. Cara yang mudah dan hasil yang singkat, selalu jadi “racun” bagi mereka yang tak sabar ingin memiliki bentuk tubuh ideal.

Padahal, terlalu sering mengubah pola diet dapat mengganggu sistem pencernaan tubuh. Dengan beralih dari cara diet yang satu ke diet lainnya secara drastis, akan mempengaruhi kesehatan usus. Hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Nature

Penelitian yang dilakukan oleh Harvard University ini, meminta 10 pria dan wanita dengan rentang usia 21 dan 33 tahun untuk mengonsumsi makanan hewani seperti daging, telur dan keju. Setelah itu, mereka diminta untuk mengganti pola dietnya dengan hanya mengonsumsi makanan nabati yang kaya akan biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran.

Hasilnya, microbiome atau populasi bakteri dalam usus seluruh peserta berubah secara drastis dan cepat. Hanya dalam waktu lima hari, jumlah bakteri yang membuat asam amino atau pembangun protein di usus mereka lebih banyak. Bakteri ini mendapat makanan dari karbohidrat yang berasal dari sayur atau buah.

Sementara itu, para pemakan daging memiliki lebih banyak bakteri pencerna protein. Sebagian dari bakteri ini terkait dengan penyakit inflamasi usus (IBD).

Oleh karena itu, jika akhir-akhir ini Anda sering mengalami masalah pada perut, coba perhatikan pola makan Anda. Mungkin Anda kurang memperhatikan keseimbangan nutrisi yang masuk dengan lebih banyak makan daging dan lemak, atau justru terlalu banyak menghindari daging.

Sumber: Womenshealthmag
(one)


viva

guegamersBerita & PolitikHarvard University,IBD,Mungkin Anda,Sumber Womenshealthmag
Sering mengubah pola diet bisa membahayakan kesehatan usus. (istockphoto) Sering mengubah pola diet bisa membahayakan kesehatan usus. (istockphoto) VIVAlife - Setiap hari tampaknya ada saja metode-metode diet terbaru yang ditawarkan untuk menurunkan berat badan. Cara yang mudah dan hasil yang singkat, selalu jadi 'racun' bagi mereka yang tak sabar ingin memiliki...

Comments

comments