JakVR - Virtual Reality Guide

Emma Watson dan Sekjen PBB Ban Ki Moon (REUTERS/Carlo Allegri)

Emma Watson dan Sekjen PBB Ban Ki Moon (REUTERS/Carlo Allegri)

VIVAlife – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menobatkan keempat aktor dan aktris ternama dunia sebagai duta mereka. Penobatan ini berlangsung dalam acara Climate Sumitt 2014 di New York, sehari sebelum pertemuan tahunan Majelis Umum PBB.    

Masing-masing aktor dan aktris ini mendapat penobatan berbeda-beda untuk tugas yang berbeda pula. Apa saja? Berikut jabatan dan tugas mereka, seperti dikutip Reuters.

1. Leonardo DiCaprio

Aktor dan aktivis lingkungan Leonardo DiCaprio dinobatkan menjadi Duta Perdamaian PBB. Posisi ini akan ia gunakan untuk meningkatkan kesadaran tentang perubahan iklim. “Bagaimana kita merespon krisis iklim pada tahun-tahun mendatang akan menentukan takdir kemanusiaan dan planet kita,” katanya.

Sebelumnya, aktor kawakan ini mendirikan sebuah yayasan Leonardo DiCaprio yang memiliki misi untuk melindungi bumi dan membangun hubungan lebih harmoni antara alam dan kemanusiaan. Yayasannya ini dibentuk tahun 1998 dan telah memberikan banyak sumbangan dana, diantaranya untuk melindungi harimau di Nepal, gajah liar dan binatang-binatang laut termasuk ikan hiu.

2. Victoria Beckham

Istri mantan pesepakbola asal Inggris, David Beckham, ini ditunjuk sebagai duta untuk program HIV/AIDS (UNAIDS). Victoria akan fokus bekerja untuk memastikan semua bayi yang dilahirkan bebas dari HIV, anak-anak serta perempuan yang menderita HIV memiliki akses terhadap obat-obatan dan perawatan.

Victoria mengaku terinspirasi untuk membantu penderita HIV setelah ia mengunjungi klinik HIV di Afrika Selatan, beberapa waktu lalu. “Butuh waktu hingga berusia 40 tahun untuk menyadari bahwa saya memiliki tanggung jawab sebagai wanita dan ibu. Saya memiliki suara yang akan didengar oleh orang,” ujar Victoria dalam konferensi pers di markas PBB, New York.

Sebelumnya Victoria bekerja dengan banyak badan amal AIDS termasuk dengan sahabatnya, musisi Elton John. Victoria ikut bergabung dengan Elton John AIDS Foundation selama 20 tahun. 

3. Emma Watson

Pemeran Hermione di film Harry Potter ini ditunjuk PBB sebagai duta untuk mengadvokasi pemberdayaan perempuan muda. Untuk menjalankan tugasnya, Emma akan memfokuskan pada bidang kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan, dan pendidikan untuk kaum perempuan di Bangladesh dan Zambia.

“Hak-hak perempuan adalah sesuatu yang sangat terkait erat dengan siapa saya, jadi sangat pribadi dan mengakar dalam hidup saya. Saya tidak bisa membayangkan kesempatan yang lebih menarik,” kata Emma.

4. Angelina Jolie    

Istri aktor Brad Pitt ini menjadi duta UNHCR atau duta kemanusiaan oleh PBB. Pemeran utama Maleficient ini akan memfokuskan diri pada krisis yang terjadi pada pengungsi di daerah konflik di Afganistan. Terpilihanya ia menjadi duta United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) tidak terlepas dari kerja kerasanya bertahun-tahun ikut bekerja sama dan membantu UNCHR mengatasi krisis kemanusiaan di dunia.

“UNHCR telah mengumumkan bahwa Angelina Jolie akan mengambil dan memperluas peran baru untuk badan pengungsi PBB sebagai Utusan Khusus Komisi Tinggi Antonio Guterres,” kata juru bicara UNHCR, Adrian Edwards saat konferensi pers di Jenewa, Swiss. (ita)


viva

guegamersSelebritisAIDS,Emma Watson,HIV,PBB,UNHCR
Emma Watson dan Sekjen PBB Ban Ki Moon (REUTERS/Carlo Allegri) Emma Watson dan Sekjen PBB Ban Ki Moon (REUTERS/Carlo Allegri) VIVAlife - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menobatkan keempat aktor dan aktris ternama dunia sebagai duta mereka. Penobatan ini berlangsung dalam acara Climate Sumitt 2014 di New York, sehari sebelum pertemuan tahunan Majelis...

Comments

comments