JakVR - Virtual Reality Guide

Waljinah (Vivanews/Fajar Sodiq (Solo))

Waljinah (Vivanews/Fajar Sodiq (Solo))

VIVAlife – Kesetiaan dan dedikasi Waljinah untuk keroncong membuat perempuan asal Solo ini menyandang maestro keroncong. Sebagai seorang maestro memiliki obsesi besar, yakni keinginan agar keroncong eksis terus. Sayangnya, menurut Waljinah pihak pemerintah kurang memperhatikan musik keroncong.

Saat disambangi di kediamannya di Mangkuyudan, Solo, Waljinah sedikit membeberkan tentang perkembangan musik keroncong di Indonesia. Bagi pelantun Walang Kekek ini, musik keroncong memang mengalami perkembangan.

Banyak anak muda mulai melirik lagu keroncong. Waljinah mengapresiasi anak muda yang mengeksplorasi musik keroncong dipadukan dengan jenis musik lain.

“Kalau perkembangan musik keroncong sejatinya makin baik. Anak muda mulai mau dan tidak malu belajar keroncong. Ya, meskipun kadang mereka mencampur musik keroncong dengan musik lain, seperti rock ataupun dangdut,” ujarnya kepada VIVAlife.

Sayangnya, antusiasme anak muda ini tak dibarengi dengan perhatian dan ikut campur dari pihak pemerintah.  Justru Waljinah menyebutkan usaha dari pemerintah Malaysia untuk menggeliatkan musik keroncong lebih bagus dibandingkan di negeri sendiri. Ia mencontohkan dengan apa yang dilakukan kerajaan Johor Malaysia.

“Kerajaan di sana meminta seluruh instansi pemerintah untuk bisa menyanyikan keroncong. Seperti kepolisian atau instansi lainnya saat ulang tahun maka musik keroncong menjadi menu wajib dinyanyikan. Kan beda dengan tempat kita, malah dangdut koplo yang biasa dinyanyikan. Oleh sebab itulah diperlukan cawe-cawe pemerintah agar membuat sistem tentang pelestarian keroncong,” ujar wanita kelahiran tahun 1945 ini.

Waljinah sejatinya menginginkan musik keroncong untuk go international. Seperrti dilakukan oleh beberapa anak didiknya yang sudah mulai menebar kesuksesan di negara asing.

“Seperti Johanna itu, warga Australia. Dia belajar keroncong pada saya 3 bulan. Sekarang sudah jadi penyanyi keroncong  di Australia. Dan sering pentas disana,” ucap Waljinah.

Meski kepedulian pemerintah untuk musik keroncong masih kurang, Waljinah tetap berusaha melestarikan musik ini. “Karena musik keroncong adalah kebanggaan dari bangsa Indonesia,” ujarnya.

Oleh sebab itulah meski memasuki usia senja, ia tetap memberikan perhatian pada musik ini. Ia bermaksud untuk mengajar kembali anak-anak agar mahir menyanyi keroncong.

“Kegiatan ini sempat vakum, saat saya sakit kemarin. Kalau memang badan fit, saya mengajar anak-anak lagi. Biar muncul Waljinah-Waljinah yang lain,” kata Waljinah yang sampai sekarang masih bersedia menyanyi di berbagai acara hajatan. (eh)


viva

guegamersSelebritisAustralia,Indonesia,Justru Waljinah,Malaysia,Seperti Johanna,Walang Kekek,Waljinah Waljinah
Waljinah (Vivanews/Fajar Sodiq (Solo)) Waljinah (Vivanews/Fajar Sodiq (Solo)) VIVAlife - Kesetiaan dan dedikasi Waljinah untuk keroncong membuat perempuan asal Solo ini menyandang maestro keroncong. Sebagai seorang maestro memiliki obsesi besar, yakni keinginan agar keroncong eksis terus. Sayangnya, menurut Waljinah pihak pemerintah kurang memperhatikan musik keroncong.Saat disambangi di kediamannya di Mangkuyudan, Solo,...

Comments

comments