JakVR - Virtual Reality Guide

Pulau Gruinard, salah satu pulau paling mematikan di dunia, karena pernah digunakan untuk ujicoba virus anthrax. (Frogwell)

Pulau Gruinard, salah satu pulau paling mematikan di dunia, karena pernah digunakan untuk ujicoba virus anthrax. (Frogwell)

VIVAlife – Sebuah pulau biasanya dikenal karena kecantikan panorama alamnya. Hal itulah yang membuatnya dikunjungi banyak wisatawan. Tapi tidak bagi tujuh pulau ini. Mereka dikenal karena wilayahnya yang mematikan.

Limbah nuklir di pantai atau langit yang dipenuhi dengan gas sulfat, membuat pulau-pulu ini dijuluki dengan pulau paling berbahaya di dunia, berikut seperti dilansir Environmental Graffiti:

Pulau Gruinard, Inggris

Saat Perang Dunia II, pemerintah Inggris memutuskan untuk menguji anthrax sebagai senjata biologis dan akhirnya membeli Pulau Gruinard dari pemiliknya untuk digunakan sebagai situs uji coba. Pulau yang merupakan bagian dari Skotlandia ini terus terkontaminasi anthrax selama puluhan tahun. Pada 1986, sebanyak 280 ton formalin disemprotkan di pulau tersebut untuk membunuh spora, dan pulau ini dinyatakan bebas dari bahaya pada tahun 1990. Namun bukan berarti pulau ini bebas dari risiko. Karena hingga kini, tidak ada yang tahu apa efek jangka panjang dari keracunan formaldehida.

Pulau Miyakejima, Jepang

Pulau yang berada di gugusan Kepulauan Izu, Jepang, ini adalah pulau vulkanis lengkap dengan gunung berapi yang meletus beberapa tahun sekali. Tapi yang membuat pulau ini berbahaya adalah gas sulfur dari gunung berapi tersebut yang menguap lewat tanah. Udara pun menjadi penuh gas belerang. Ironisnya, pulau ini justru menjadi destinasi yang cukup terkenal bagi turis. Banyak penjual masker gas di pinggir jalan, dan tak sedikit turis yang menjelajah pulau bahkan berenang di perairannya.

Pulau Runit, Samudra Pasifik
Pulau Runit adalah bagian dari Enewetak Atoll, Pulau Marshall, yang terletak di Samudera Pasifik. Pulau ini menjadi basis percobaan nuklir AS selama bertahun-tahun yang membuat pulau ini beresiko radiasi tinggi. Pihak militer AS pun membuat Cactus Dome, kubah raksasa untuk mencegah penyebaran kontaminasi nuklir. Namun tetap saja, pulau ini tidak aman bahkan untuk tumbuhan sekali pun.


viva

guegamersBerita & PolitikCactus Dome,Enewetak Atoll,Kepulauan Izu,Pulau Gruinard,Pulau Miyakejima,Pulau Runit,Samudera Pasifik
Pulau Gruinard, salah satu pulau paling mematikan di dunia, karena pernah digunakan untuk ujicoba virus anthrax. (Frogwell) Pulau Gruinard, salah satu pulau paling mematikan di dunia, karena pernah digunakan untuk ujicoba virus anthrax. (Frogwell) VIVAlife - Sebuah pulau biasanya dikenal karena kecantikan panorama alamnya. Hal itulah yang membuatnya dikunjungi banyak wisatawan....

Comments

comments