JakVR - Virtual Reality Guide

Pada masa lalu, wanita menggunakan wig dengan rangka dari kayu untuk menciptakan ilusi rambut sehat dan mengembang. (iStockphoto)

Pada masa lalu, wanita menggunakan wig dengan rangka dari kayu untuk menciptakan ilusi rambut sehat dan mengembang. (iStockphoto)

VIVAlife – Kemajuan teknologi di zaman sekarang membuat banyak wanita lebih mudah melakukan ritual perawatan kecantikan. Tentu saja hal ini sungguh berbeda bagi wanita di zaman kuno.

Mereka umumnya menggunakan berbagai bahan. Dari bahan alami hingga bahan-bahan tak lazim, atau bahkan melakukan ritual tak nyaman, demi mendapatkan penampilan yang sempurna. Seperti berikut ini:

Menghitamkan gigi

Zaman sekarang, gigi yang putih dan cemerlang adalah dambaan semua orang. Tapi, tidak dengan wanita era Meiji di Jepang. Kala itu, gigi putih merupakan simbol wanita yang masih lajang. Oleh karena itu, para wanita yang telah menikah menghitamkan gigi mereka menggunakan getah pohon hingga seluruh gigi berwarna hitam pekat. Proses penghitaman ini rutin dilakukan setiap tiga hari sekali.

Wig dari kayu

Tentu saja, rambut sebagai mahkota wanita adalah simbol kecantikan. Di abad pertengahan, wanita dengan rambut yang tebal dan berukuran besar dianggap wanita cantik. Untuk itu, mereka menggunakan wig yang dibuat dengan menempelkan rambut pada rangka kayu. Wig era Victoria ini bahkan digunakan kaum hawa saat tidur.

Obat kumur dari urine

Para wanita Romawi kuno percaya bahwa berkumur dengan urine adalah cara mendapatkan gigi yang putih dan bersih, karena kandungan amonia yang tinggi mampu mencegah infeksi. Karena banyaknya wanita yang melakukan hal ini, masyarakat Romawi kuno membeli begitu banyak toples berisi urine dari Portugis.

Perawatan kecantikan dengan api

Di China, para wanita zaman kuno rutin melakukan Huo Liao atau perawatan api. Caranya, menggunakan handuk yang direndam di dalam alkohol dan tumbuhan herbal. Handuk tersebut kemudian diletakkan di wajah atau bagian tubuh lain dan dibakar selama beberapa detik. Hal tersebut dipercaya mampu menghilangkan tanda-tanda penuaan kulit dan memberikan efek kulit yang awet muda. (art)


viva

guegamersBerita & PolitikChina,Huo Liao
Pada masa lalu, wanita menggunakan wig dengan rangka dari kayu untuk menciptakan ilusi rambut sehat dan mengembang. (iStockphoto) Pada masa lalu, wanita menggunakan wig dengan rangka dari kayu untuk menciptakan ilusi rambut sehat dan mengembang. (iStockphoto) VIVAlife - Kemajuan teknologi di zaman sekarang membuat banyak wanita lebih mudah melakukan ritual perawatan...

Comments

comments