JakVR - Virtual Reality Guide

Ilustrasi ayah dan anak. (futurity.org)

Ilustrasi ayah dan anak. (futurity.org)

VIVAlife – Setelah melahirkan, umumnya wanita akan kehilangan hasrat seksual dan lebih fokus mengurus anak. Hal ini seringkali menimbulkan rasa bersalah pada pasangan.

Tapi jangan khawatir, karena bukan hanya wanita yang kehilangan hasrat seksualnya usai melahirkan, pria juga mengalami hal tersebut saat ia mulai menjadi seorang ayah.

Hal ini diungkapkan oleh Lee Gettler dari University of Notre Dame di Indiana. Ia melacak kehidupan dan hormon dari 433 pemuda di Filipina. Hasilnya, hormon testosteron pria cenderung menurun saat baru menjadi seorang ayah, dan frekuensi bercintanya pun jadi semakin sedikit.

Saat hormon testosteron menurun, hormon prolaktinnya justru meningkat. Hormon ini merupakan hormon yang biasanya terkait dengan hormon menyusui pada wanita. Pada pria, hormon prolaktin membuat mereka lebih responsif pada kewajiban sebagai ayah. Ini juga disebabkan karena perubahan fisik yang berujung pada dekatnya hubungan ayah dan anak. 

“Saya pikir evolusi telah membentuk fisiologi laki-laki untuk membantu mereka peduli pada anak-anak mereka dan memberikan perawatan yang baik,” ujar Dr Gettler di konferensi tahunan American Association for the Advancement of Science. 

Tapi para istri tidak perlu bersedih dan takut tidak akan “disentuh” suaminya kembali. Pasalnya, penurunan hormon dan nafsu suami hanya akan berlangsung setahun atau dua tahun. Setelah itu hasrat bercinta mereka akan kembali seperti sedia kala. 

Sumber: Daily Mail.

(ren)


viva

guegamersBerita & PolitikDaily Mail,Dr Gettler,Lee Gettler
Ilustrasi ayah dan anak. (futurity.org) Ilustrasi ayah dan anak. (futurity.org) VIVAlife - Setelah melahirkan, umumnya wanita akan kehilangan hasrat seksual dan lebih fokus mengurus anak. Hal ini seringkali menimbulkan rasa bersalah pada pasangan. Tapi jangan khawatir, karena bukan hanya wanita yang kehilangan hasrat seksualnya usai melahirkan, pria juga mengalami hal tersebut saat...

Comments

comments