JakVR - Virtual Reality Guide

Jakarta Dikepung Calon Banjir

Para siswa mengikuti kegiatan belajar saat banjir menggenangi SDN 1 Dadap, di Tangerang, Banten, (27/1). Para siswa terpaksa belajar meskipun sekolah mereka terendam banjir sebagai persiapan untuk menempuh ujian tengan semester. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat

TEMPO.CO, Jakarta – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan hujan bakal mengguyur wilayah Ibu Kota. Bahkan daerah penyangga Jakarta, seperti Depok, Tangerang, Bekasi, dan daerah hulu, Bogor, juga hujan dari pagi hingga malam.

Kepala Subdit Informasi Meteorologi BMKG Hari Tirto Djatmiko meminta masyarakat DKI Jakarta untuk waspada dengan kemungkinan banjir. “Potensi hujan merata dari wilayah hulu dan hilir Jakarta,” kata Hari saat dihubungi Tempo, Rabu, 29 Januari 2014.

Kemungkinan banjir semakin bertambah karena wilayah pesisir Utara Jakarta sedang mengalami puncak pasang air laut. Pasang air laut maksimal diprediksi terjadi hari ini sampai Jumat, 31 Januari 2014.

“Pasang maksimum bisa mencapai ketinggian satu sampai satu setengah meter,” kata dia.

Walhasil kemungkinan air hujan yang mengalir dari wilayah hulu dan hilir akan tersendat menuju ke muara. Sebab air pasang menghambat arus sungai menuju laut Utara Jakarta.

“Jadi masyarakat Jakarta harus waspada hujan dari hulu, hilir, ditambah banjir rob,” kata dia.

Dalam situs resmi BMKG, hujan dengan intensitas lebat akan mengguyur kawasan Kepulauan Seribu, Jakarta Utara dan Tangerang pagi ini. Sementara wilayah Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat, Jakarta Pusat hingga Bogor, Depok dan Bekasi, diperkirakan diguyur hujan sedang pada pagi ini.

Siang hingga sore hari, BMKG memprediksi wilayah Jabodetabek masih diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Pada malam harinya, hujan malah diprediksi semakin deras intensitasnya di seluruh Jabodetabek.

INDRA WIJAYA

Terhangat:
Banjir Jakarta | Cipularang Ambles | Pemilu Serentak | Jokowi Nyapres | Gempa Kebumen


Terpopuler :
Menteri Luar Negeri Inggris Sambangi Jokowi 
Massa Geruduk Apartemen Cempaka Mas 
Lalu Lintas Menuju Bandara Halim Belum Macet
Amdal Bandara Halim Hampir Rampung 
Penembak Briptu Nurul Ditangkap di Lampung 
Sampah Banjir Jakarta Lebih dari 3.350 Ton  


tempo

guegamersBerita & PolitikBMKG,CO,INDRA,TEMPO,WIJAYA
Para siswa mengikuti kegiatan belajar saat banjir menggenangi SDN 1 Dadap, di Tangerang, Banten, (27/1). Para siswa terpaksa belajar meskipun sekolah mereka terendam banjir sebagai persiapan untuk menempuh ujian tengan semester. TEMPO/Marifka Wahyu Hidayat TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkirakan hujan bakal mengguyur wilayah Ibu Kota. Bahkan...

Comments

comments