JakVR - Virtual Reality Guide

Kalimantan Selatan Akan Jadi Pusat Riset Sapi

Suasana di Pasar Daging Senen, Jakarta, (12/10). Pemerintah telah mengeluarkan izin impor daging sapi dari Irlandia, dan sedang mempertimbangkan impor daging sapi dari Polandia. Foto: TEMPO/Subekti.

TEMPO.CO, Jakarta – Provinsi Kalimantan Selatan diproyeksikan menjadi pusat pembibitan dan peternakan sapi berbasis riset di Pulau Kalimantan. Menurut Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, Provinsi Kalimantan Selatan sudah memiliki Balai Pengkajian dan Pengembangan Pertanian Terpadu (BP3T). Lewat teknologi riset, ia yakin peternakan sapi semakin produktif untuk mendukung target swasembada daging pada 2014.

Dari Kalimantan Selatan, kata Gusti, sudah ada tiga tenaga riset yang dikirim sekolah ke luar negeri. Mulai 2013 – 2018, pihaknya mengalokasikan dana Rp 1 triliun untuk program pendidikan peternakan berbasis riset.

“Saya harap di sini pusat pembibitan sapi. Jadi enggak perlu mendatangkan dari Jawa lagi,” kata Menteri Gusti saat menghadiri pameran produk peternakan di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Senin 16 Desember 2013.

Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan menargetkan swasembada daging di Kalimantan Selatan pada 2015. Dengan dukungan Kemenristek, ia yakin mampu mencapai target tersebut dan menjadikan Kalimantan Selatan sebagai sentra pembibitan dan peternakan sapi berbasis riset di Kalimantan. “Kalsel menjadi daerah prioritas pengembangan campuran Inseminasi Buatan dan kawin alam,” kata dia.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan Sabrie Madani mengatakan populasi sapi di Kalimantan Selatan menurun sesuai hasil sensus ternak tahun 2013. Saat ini populasi sapi di Kalsel sebanyak 112 ribu ekor, turun ketimbang tahun 2011 sebanyak 137 ribu ekor. Sebab, banyak sapi betina asal Kalsel dikirim ke luar daerah.

DIANANTA P. SUMEDI

Berita Terpopuler:
Ditangkap KPK, Kajari Praya Langsung Diberi Sanksi
Suap Jaksa, Perusahaan Eks Anggota MPR Terseret 
Elektabilitas Jokowi Mencapai 44 Persen
Kereta Api Solo-Semarang Akan Dihidupkan Lagi
Majelis Disiplin Dokter Nilai Dokter Ayu Bersalah


tempo

guegamersBerita & PolitikCO,DIANANTA,Kalimantan Selatan,SUMEDI,TEMPO
Suasana di Pasar Daging Senen, Jakarta, (12/10). Pemerintah telah mengeluarkan izin impor daging sapi dari Irlandia, dan sedang mempertimbangkan impor daging sapi dari Polandia. Foto: TEMPO/Subekti. TEMPO.CO, Jakarta - Provinsi Kalimantan Selatan diproyeksikan menjadi pusat pembibitan dan peternakan sapi berbasis riset di Pulau Kalimantan. Menurut Menteri Riset dan Teknologi Gusti...

Comments

comments