JakVR - Virtual Reality Guide

Kampanye, Jokowi Kutip Ucapan Soekarno

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menyatakan sudah mendapat mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menjadi calon presiden di rumah Si Pitung, dekat Rusun Marunda, Jakarta (14/3) . “Saya siap menerima mandat,” ujarnya dan dilanjutkan dengan “Bismillahirrahmanirrahim, saya siap.” . TEMPO/Dasril Roszandi

TEMPO.CO, Jakarta – Calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Joko Widodo mengutip ucapan Soekarno pada hari pertama kampanye, Ahad 16 Maret 2014.

Ketika berada di Museum Kebangkitan Nasional, Jokowi mengatakan, PDIP sengaja memulai kampanye dengan mengunjungi sejumlah museum untuk mengingatkan lagi arti penting sejarah. “Jangan sekali-kali melupakan sejarah,” ujar Jokowi.

Ucapan itu sama seperti judul pidato Presiden Soekarno saat peringatan Hari Proklamasi pada 17 Agustus 1966. Judul pidato “Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah” lazim disingkat dengan istilah ‘Jasmerah’. Pidato itu menjadi pidato terakhir Soekarno sebagai presiden pada Hari Proklamasi.

Jokowi mengibaratkan rute kampanye hari pertama sebagai awal sejarah kebangkitan partai banteng moncong putih tersebut. “Sudah saatnya Indonesia bangkit. PDI Perjuangan harus menang,” katanya. (Baca: Ruhut: Jokowi Capres, Indonesia Tunggu Kehancuran)

Jokowi tiba di museum pukul 09.35 WIB. Berdiri sebentar di pintu museum untuk meladeni wartawan, Jokowi kemudian masuk diikuti beberapa tokoh partai seperti Teten Masduki dan Tjahajo Kumolo. Jokowi sempat berhenti sejenak di salah satu pilar yang terpampang foto Presiden Soekarno.

SYAILENDRA

Topik terhangat:
Ade Sara | Malaysia Airlines | Kasus Century | Jokowi | Anas Urbaningrum

Berita terpopuler lainnya:
Malaysia Airlines Terbang hingga Dekat Perth?
Fakta Baru: Mayat Usamah Ditembaki Ratusan Kali
Najib Razak: Hilangnya MH370 karena ‘Kesengajaan’ 
Sinyal Malaysia Airlines Masih Ada 6 Jam Setelah Hilang


tempo

guegamersBerita & PolitikHari Proklamasi,Indonesia,jokowi,Malaysia,TEMPO
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menyatakan sudah mendapat mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk menjadi calon presiden di rumah Si Pitung, dekat Rusun Marunda, Jakarta (14/3) . 'Saya siap menerima mandat,' ujarnya dan dilanjutkan dengan 'Bismillahirrahmanirrahim, saya siap.' . TEMPO/Dasril Roszandi TEMPO.CO, Jakarta - Calon...

Comments

comments