JakVR - Virtual Reality Guide

Ilustrasi wanita membaca. (utne.com)

Ilustrasi wanita membaca. (utne.com)

VIVAlife – Daripada tidur sepanjang hari saat berpuasa, lebih baik melakukan kegiatan bermanfaat. Salah satunya, membaca. Itu bisa menjadi aktivitas mengasyikkan sambil menunggu waktu buka puasa.

Bukan hanya membunuh waktu luang, membaca bisa menambah pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Selain itu, membaca juga bermanfaat bagi kesehatan, terutama mental dan konsentrasi.

Melansir laman Boldsky, berikut manfaat kesehatan dari membaca.

Mengurangi stres

Stres memengaruhi kesehatan fisik dan mental. Faktanya, membaca efektif menenangkan pikiran sekaligus mengurangi stres. Pilih bacaan yang tidak terlalu berat seperti novel atau biografi tokoh.

Konsentrasi

Konsentrasi sangat dibutuhkan tubuh, apalagi saat Anda sibuk. Kurangnya asupan nutrisi di siang hari saat puasa juga bisa membuat konsentrasi menurun drastis. Atasi itu dengan membaca.

Meningkatkan memori

Stres dapat menghilangkan memori jangka pendek. Bila mendadak lupa nama orang atau tempat, mulailah banyak membaca. Itu akan meningkatkan daya ingat dalam jangka waktu panjang.

Menyehatkan otak

Membaca bisa merangsang otot otak agar lebih sehat. Saraf-saraf dalam otak juga terangsang untuk lebih aktif. Biasa membaca secara teratur, akan membuat kesehatan otak lebih terjaga.

Mendamaikan mental

Tidak seperti menonton televisi, membaca membuat mental lebih tenteram dan tenang. Membaca juga tidak pernah dikaitkan dengan penyakit berbahaya seperti halnya menonton televisi. (one)


viva

guegamersBerita & Politik
Ilustrasi wanita membaca. (utne.com) Ilustrasi wanita membaca. (utne.com) VIVAlife - Daripada tidur sepanjang hari saat berpuasa, lebih baik melakukan kegiatan bermanfaat. Salah satunya, membaca. Itu bisa menjadi aktivitas mengasyikkan sambil menunggu waktu buka puasa.Bukan hanya membunuh waktu luang, membaca bisa menambah pengetahuan dan kemampuan berbahasa. Selain itu, membaca juga bermanfaat bagi...

Comments

comments