JakVR - Virtual Reality Guide

Berjemur di pantai bisa membuat kulit menjadi hitam. (foto ilustrasi).  

Berjemur di pantai bisa membuat kulit menjadi hitam. (foto ilustrasi).  

VIVAlife – Setiap orang di seluruh belahan dunia memiliki kondisi kulit yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh letak geografis, iklim dan berbagai faktor lain.

Adapun, khusus masyarakat Asia yang memiliki karakteristik warna kulit cenderung cokelat atau kuning langsat, ternyata rentan hiperpigmentasi alias kulit yang mudah menghitam atau gosong.

Hal ini diungkapkan dr. Nanang Masrani, dokter kulit dan konsultan estetik dari Dipl. American Academy of Aesthetic Medicine.

“Hiperpigmentasi adalah sebuah kondisi kulit di mana terdapat area permukaan kulit tertentu yang berwarna lebih gelap,” ujar Nanang saat ditemui VIVAlife di The Hermitage Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 23 Juni 2014.

Ia juga menjelaskan bahwa salah satu penyebab utama hiperpigmentasi ialah paparan sinar Matahari. Jika orang-orang Eropa atau Amerika terpapar sinar Matahari ketika berjemur, umumnya kulit mereka menjadi merah. Sementara itu, bagi orang Asia, paparan sinar Matahari akan membuat kulit menjadi hitam.

“Mengapa kulit orang Asia rentan hiperpigmentasi? Itu karena kadar melanin yang terkandung di dalam kulit Asia cukup tinggi,” ungkapnya.

Melanin atau pigmen hitam sebenarnya berfungsi untuk memproteksi kulit dari sinar ultraviolet. Menurut Nanang, ketika kulit menghitam setelah terpapar sinar Matahari, itu sebenarnya merupakan efek proteksi tubuh pada kulit.

Jadi, tak perlu panik saat kulit sedikit menghitam setelah berpanas-panasan karena itu merupakan efek normal.

Tak hanya sinar Matahari, Nanang juga mengatakan bahwa penyebab hiperpigmentasi lainnya bisa bermacam-macam mulai dari gigitan serangga hingga gesekan baju.

“Seperti jika sering mengenakan celana jeans, area kulit di lutut biasanya menghitam atau bagian ketiak juga rentan menghitam,” jelasnya.

Lalu, kondisi hiperpigmentasi yang seperti apa yang dianggap telah melewati batas normal?

“Kalau sudah sampai muncul melasma atau flek lebar, flek-flek hitam itu harus segera ditangani ahlinya,” tutur Nanang.


viva

guegamersBerita & PolitikASIA,Hermitage Hotel,Jakarta Pusat,Menurut Nanang,Nanang Masrani
Berjemur di pantai bisa membuat kulit menjadi hitam. (foto ilustrasi).   Berjemur di pantai bisa membuat kulit menjadi hitam. (foto ilustrasi).   VIVAlife - Setiap orang di seluruh belahan dunia memiliki kondisi kulit yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh letak geografis, iklim dan berbagai faktor lain. Adapun, khusus masyarakat Asia yang memiliki...

Comments

comments