JakVR - Virtual Reality Guide

Otak (www.dailymail.co.uk)

Otak (www.dailymail.co.uk)

VIVAlife – Otak manusia semakin menyusut seiring bertambahnya usia. Volume otak yang menurun berdampak pada berkurangnya ingatan yang cenderung mengarah pada demensia. Studi menyebutkan, konsumsi omega-3 yang tinggi dapat membantu mencegah penyusutan otak.

Omega-3 ternyata melindungi otak dari kehilangan volume, sebagai bagian normal dari proses penuaan. James Pottala, ketua peneliti, menyebutkan bahwa setelah usia 70 tahun, otak menyusut sekitar 0,5 persen per tahun. Penderita demensia bahkan mengalami penyusutan lebih parah.

Penelitian yang dilakukan University of South Dakota Sanford School of Medicine tersebut, menganalisis 1.111 wanita yang rata-rata berusia 70 tahun, serta tidak memiliki tanda-tanda demensia. 

Kemudian, sel darah mereka diukur untuk mendeteksi jumlah omega-3 eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) di dalam tubuh.

Sel darah merah dipilih karena merupakan indikator omega-3 yang baik. Delapan tahun setelah darah dianalisis, peserta menjalani uji volume materi abu-abu dan materi putih di otak mereka.

Studi ingin melihat apakah ada keterkaitan antara omega-3 dengan penyusutan otak. Juga untuk mengetahui, apakah ada daerah tertentu yang terlibat dalam memori dan proses kognitif lain. 

Para peneliti menemukan bahwa wanita dengan EPA dan DHA tinggi, memiliki otak dengan ukuran 2 centimeter kubik lebih besar secara keseluruhan, daripada wanita dengan tingkat EPA dan DHA rendah. 

Selain itu, bagian hippocampus pada otak, yang penting untuk membentuk dan menyimpan kenangan, juga 2,7 persen lebih besar pada wanita yang memiliki kadar asam lemak dua kali lebih tinggi dari rata-rata.

Analisis disesuaikan dengan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi ukuran otak, termasuk pendidikan, usia, kondisi kesehatan lain, merokok dan olahraga.

“Tingkat omega-3 yang tinggi dapat dicapai dengan merubah pola makan, seperti makan ikan berminyak dua kali seminggu atau mengonsumsi suplemen minyak ikan,” kata James Pottala, dilansir Reuters. (eh)


viva

guegamersBerita & PolitikDHA,EPA,James Pottala
Otak (www.dailymail.co.uk) Otak (www.dailymail.co.uk) VIVAlife - Otak manusia semakin menyusut seiring bertambahnya usia. Volume otak yang menurun berdampak pada berkurangnya ingatan yang cenderung mengarah pada demensia. Studi menyebutkan, konsumsi omega-3 yang tinggi dapat membantu mencegah penyusutan otak. Omega-3 ternyata melindungi otak dari kehilangan volume, sebagai bagian normal dari proses penuaan. James Pottala,...

Comments

comments