JakVR - Virtual Reality Guide

Lelah dan kurang tidur akibat terlalu sering bekerja bisa membuat hasrat seksual menurun. (iStock)

Lelah dan kurang tidur akibat terlalu sering bekerja bisa membuat hasrat seksual menurun. (iStock)

VIVAlife – Bagi pasangan, hasrat seks yang menurun sebenarnya normal terjadi. Namun, jika terjadi dalam jangka waktu lama, hal tersebut bisa menyebabkan keretakan hubungan jangka panjang. Karena itu, Dr Rajan Bhonsle, Konsultan Senior Pengobatan Seksual, mengatakan bahwa tidak ada salahnya mengetahui alasan penurunan hasrat seksual pada pasangan untuk kemudian mencari solusi bersama. Berikut lima alasan yang dapat menurunkan hasrat seksual yang dilansir dari India Times.

Lelah dan kurang tidur

Jika masa tidur Anda sekitar enam jam atau kurang, bersiaplah mengahadapi hasrat seksual yang menurun. Menurut pakar tidur, tidur yang kurang dapat menyebabkan turunnya kadar hormon testosteron dalam tubuh, hal ini yang menyebabkan hasrat seksual seseorang , terutama pria, menurun.

Mendengkur

Bagi wanita, mendengar dengkuran pasangan terkadang bukan hanya mengganggu tidur tetapi dapat pula menurunkan hasrat seksual. 

Stres dan depresi

Kondisi ini adalah salah satu alasan umum penyebab hasrat seksual menurun. Tekanan kerja, permasalahan dengan pasangan atau buruknya kualitas tidur merupakan sumber stres. Stres yang berkepanjangan tidak hanya menyebabkan penurunan libido jangka panjang, tetapi juga menyebabkan diabetes dan tekanan darah tinggi.

Pertambahan berat badan

Lemak yang masuk ke tubuh secara berlebihan ternyata dapat mempengaruhi keseimbangan hormon seks dalam tubuh. “Orang yang bertubuh gemuk biasanya tidak merasa percaya diri di atas ranjang. Mulai dari alasan karena bentuk tubuh sampai rasa lelah yang selalu menyerang setiap kali berhubungan seksual,” jelas Dr Bhonsle.

Gaya hidup tidak sehat

Terlepas dari kondisi medis, seseorang yang memiliki kebiasaan merokok atau minum minuman keras biasanya memiliki hasrat seksual yang rendah. Hal ini berbeda dengan seseorang yang memiliki kondisi tubuh dan mental yang sehat, dimana biasanya mereka akan memiliki hubungan seksual yang sehat dan normal.


viva

guegamersBerita & PolitikDr Bhonsle,Dr Rajan Bhonsle,India,India Times,kurang tidur,Mendengkur Bagi
Lelah dan kurang tidur akibat terlalu sering bekerja bisa membuat hasrat seksual menurun. (iStock) Lelah dan kurang tidur akibat terlalu sering bekerja bisa membuat hasrat seksual menurun. (iStock) VIVAlife - Bagi pasangan, hasrat seks yang menurun sebenarnya normal terjadi. Namun, jika terjadi dalam jangka waktu lama, hal tersebut bisa menyebabkan keretakan...

Comments

comments