JakVR - Virtual Reality Guide

Seiring pertambahan usia, penting untuk melakukan olahraga agar kepadatan tulang meningkat. (Foto ilustrasi) (iStockphoto)

Seiring pertambahan usia, penting untuk melakukan olahraga agar kepadatan tulang meningkat. (Foto ilustrasi) (iStockphoto)

VIVAlife – Kebanyakan orang berpikir bahwa osteoporosis atau pengeroposan tulang sebagai penyakit wanita. Padahal lebih dari 18 juta pria memiliki kepadatan tulang yang rendah.

Seperti dilansir laman Fox News, pada pria biasanya osteoporosis lebih banyak diderita pada usia 60-70 tahun. Penyebabnya antara lain penurunan testosteron seiring pertambahan usia.

Sementara pada wanita, osteoporosis biasanya lebih banyak terjadi di atas usia 50 tahun. Pada saat itu banyak wanita mengalami menopause. Artinya akan terjadi penurunan tingkat estrogen dan selanjutnya menyebabkan penurunan kepadatan tulang.

Meski informasi soal osteoporosis kerap digaungkan, namun ironisnya jarang terdeteksi sejak awal. Penyakit osteoporosis baru diketahui setelah seseorang mudah mengalami patah kaki dan jatuh.

Kunci untuk mengobati penyakit tersebut adalah dengan melakukan pencegahan. Sebelum menopause, wanita disarankan melakukan studi kepadatan tulang dengan pemindai DXA. Pria juga diimbau melakukan hal serupa ketika mereka menginjak usia 60 tahun.

Seiring pertambahan usia, penting pula untuk melakukan olahraga agar kepadatan tulang meningkat. Olahraga yang bagus adalah olahraga yang memaksa tulang untuk bekerja melawan gravitasi, olahraga resistensi, dan latihan beban. Sebagai contoh, jalan kaki, berlari, aerobik, menari, dan angkat beban.

Gaya Hidup

Selain olahraga, diet kaya kalsium dan vitamin D juga sangat penting bagi kesehatan tulang. Kalsium dapat ditemukan dalam produk susu dan sayuran berwarna hijau serta gelap.

Untuk diketahui Vitamin D membantu penyerapan kalsium. Vitamin D bisa diperoleh dari paparan sinar matahari dan makanan, seperti kuning telur, hati, dan ikan.

Makanan lainnya yang juga bagus untuk kesehatan tulang adalah ikan salom. Salmon mengandung Vitamin D, Kalsium, asam lemak omega 3 yang terbukti mampu meningkatkan kepadatan tulang.

Melakukan olahraga dan menyantap makanan sehat saja tak cukup untuk mencegah osteoporosis. Gaya hidup, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol perlu dikurangi utuk mengurangi risiko osteoporosis.

Pasalnya, penelitian telah memperlihatkan keterkaitan yang kuat antara merokok dengan penurunan kepadatan tulang. (ren)


viva

guegamersBerita & PolitikDXA,Fox News,Gaya Hidup
Seiring pertambahan usia, penting untuk melakukan olahraga agar kepadatan tulang meningkat. (Foto ilustrasi) (iStockphoto) Seiring pertambahan usia, penting untuk melakukan olahraga agar kepadatan tulang meningkat. (Foto ilustrasi) (iStockphoto) VIVAlife - Kebanyakan orang berpikir bahwa osteoporosis atau pengeroposan tulang sebagai penyakit wanita. Padahal lebih dari 18 juta pria memiliki kepadatan tulang yang...

Comments

comments