JakVR - Virtual Reality Guide

GERD adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum. (The Wellness Directory)

GERD adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum. (The Wellness Directory)

VIVAlifeGastro-Esophageal Reflux Disease (GERD) adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum. Gejala yang paling sering dari penyakit ini antara lain jantung terasa terbakar dan ketidaknyamanan di perut dan dada.

Simak selengkapnya dalam tanya jawab pembaca VIVAlife dengan dr. Margareta Amelia berikut ini.

Tanya:

Sebelumnya terima kasih kepada VIVA.co.id, bahwa kami diberi wadah atau sarana untuk konsultasi mengenai gangguan kesehatan yang kami alami.
Saya merasakan panas di perut yang sudah tiga kali ini saya rasakan.

Saya sudah borobat ke dokter dan berobat alternatif, tapi panas perut yang saya rasakan belum kunjung sembuh. Tolong informasinya, sakit apakah saya ini dan bagaimana solusi terbaiknya? Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Sukamto

Jawab:

Dear Sukamto. Dari gejala yang Anda alami ada kemungkinan Anda menderita GERD. GERD adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum. Gejala yang paling sering adalah jantung membakar dan ketidaknyamanan di perut dan dada.

Meskipun gejala dan kondisi yang bervariasi, tiga gejala yang umumnya dialami adalah rasa panas seperti organ hati yang terbakar, rasa asam di mulut akibat refluks atau regurgitasi dan kesulitan menelan.

Mulas merujuk kepada perasaan tidak nyaman atau sakit pembakaran yang terjadi di bawah tulang dada. Rasa sakit ini disebabkan karena iritasi lapisan esofagus oleh asam yang dihasilkan oleh lambung.

Rasa sakit memburuk setelah makan atau ketika membungkuk atau berbaring. Hal ini menyebabkan tekanan balik atas yang menyebabkan refluks asam.

Beberapa pasien mungkin mengalami mual dan beberapa mungkin bahkan muntah karena terus-menerus kembali tekanan pada esofagus. Regurgitasi asam ke tenggorokan dan belakang mulut terutama pada malam hari dapat mengakibatkan batuk kering.

Hal ini menyebabkan rasa yang tidak nyaman di bagian belakang tenggorokan. Ada kemungkinan untuk beberapa orang memiliki gejala sering bersendawa. Hal ini mungkin dapat disebabkan oleh ada rasa sakit perut dan kembung yang dialaminya.

Gejala yang dialami dapat terjadi sekali atau dua kali sebulan biasanya setelah dipicu oleh faktor-faktor berikut ini seperti makan makanan yang tinggi lemak atau pedas atau setelah makan sangat berat. Untuk mengatasinya dapat dengan mengubah gaya hidup dan kebiasaan makanan Anda.

Semoga bermanfaat

Margareta Amelia

dr. Margareta Amelia

Meetdoctor

***

Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id

Masalah anda akan dijawab oleh para dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.


viva

guegamersBerita & PolitikDear Sukamto,GERD,Margareta Amelia,Tanya Sebelumnya,VIVA,Wellness Directory
GERD adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum. (The Wellness Directory) GERD adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum. (The Wellness Directory) VIVAlife - Gastro-Esophageal Reflux Disease (GERD) adalah salah satu gangguan pencernaan yang paling umum. Gejala yang paling sering dari penyakit ini antara lain jantung terasa terbakar dan...

Comments

comments