JakVR - Virtual Reality Guide

Pembedahan dan pengangkatan mioma dilakukan bila besarnya mioma melebihi besar rahim seperti pada kehamilan 12 – 14 minggu.  

Pembedahan dan pengangkatan mioma dilakukan bila besarnya mioma melebihi besar rahim seperti pada kehamilan 12 – 14 minggu.  

VIVAlife – Rasa khawatir muncul saat wanita diagnosa memiliki mioma. Apakah mioma ini harus diangkat atau tidak? Menurut dr. Margareta Amelia, pembedahan dan pengangkatan mioma dilakukan bila besarnya mioma melebihi besar rahim seperti pada kehamilan 12 – 14 minggu. Baca selengkapnya tanya jawab dr. Margareta dengan pembaca VIVAlife berikut ini.

Tanya:

Kami sudah menikah sejak 2008, tetapi hingga sampai saat ini belum dikaruniai anak. Kemarin kami melakukan pemeriksaan di salah satu dokter spesialis di kota tempat kami tinggal saat ini.

Dari hasil pemeriksaan ternyata istri saya memiliki tumor jinak di rahim yang dikenal dengan miom dengan ukuran kurang lebih 5 sentimeter. Dan diharuskan untuk melakukan operasi.

Pertanyaan saya: “Apakah tindakan operasi menjadi tindakan yang terakhir agar tumor tersebut dapat dibuang? Apakah tidak ada cara lain seperti terapi atau yang lainnya?”

Anonim

Jawab:

Salam Sehat. Dari pemeriksaan yang telah istri anda jalani masih memiliki ukuran mioma yang  kecil dan tidak menimbulkan keluhan, dan sebenarnya tidak memerlukan terapi, hanya perlu diamati tiap 3 – 6 bulan untuk menilai pembesarannya.

Pembedahan dan pengangkatan mioma dilakukan bila besarnya mioma melebihi besar rahim seperti pada kehamilan 12 – 14 minggu. Sekitar 15 – 40 persen terjadi kekambuhan setelah dilakukan miomektomi atau pengangkatan mioma dan 2/3-nya memerlukan pembedahan lagi.

Selain itu indikasi mioma uteri yang diangkat adalah mioma uteri subserosum bertangkai. Pada mioma uteri yang masih kecil khususnya pada penderita yang mendekati masa menopause tidak diperlukan pengobatan, cukup dilakukan pemeriksaan pelvic secara rutin tiap tiga bulan atau enam bulan.

Adapun cara penanganan pada myoma uteri yang perlu diangkat adalah dengan pengobatan operatif diantaranya yaitu dengan histerektomi dan umumnya dilakukan histerektomi total abdominal.

Tindakan histerektomi total tersebut dikenal dengan nama Total Abdominal Histerektomy and Bilateral Salphingo Oophorectomy (TAH-BSO). TAH–BSO adalah suatu tindakan pembedahan untuk mengangkat uterus, serviks, kedua tuba falofii dan ovarium dengan melakukan insisi pada dinding, perut pada malignan neoplasmatic desease, leymyoma dan chronic endrometriosis.

Semoga bermanfaat.

Margareta Amelia

dr. Margareta Amelia

Meetdoctor

***

Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id

Masalah anda akan dijawab oleh para dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.


viva

guegamersBerita & PolitikAnonim Jawab Salam Sehat,BSO,Margareta Amelia,TAH,Tanya Kami
Pembedahan dan pengangkatan mioma dilakukan bila besarnya mioma melebihi besar rahim seperti pada kehamilan 12 – 14 minggu.   Pembedahan dan pengangkatan mioma dilakukan bila besarnya mioma melebihi besar rahim seperti pada kehamilan 12 – 14 minggu.   VIVAlife - Rasa khawatir muncul saat wanita diagnosa memiliki mioma. Apakah mioma ini...

Comments

comments