JakVR - Virtual Reality Guide

Madu bisa membantu mengatasi masalah mendengkur. (U-Report)

Madu bisa membantu mengatasi masalah mendengkur. (U-Report)

VIVAlife – Bunyi dengkur bisa sangat mengganggu. Apalagi jika sedang tidur bersama pasangan. Kebiasaan itu biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. Tapi, bisa juga itu disebabkan gangguan pada hidung atau tenggorokan, pembengkakan tenggorokan, obesitas, dan posisi tidur yang tidak tepat.

Perubahan kecil dalam gaya hidup atau pola makan sebenarnya dapat menghentikan kebiasaan itu. Jika termasuk orang yang sering mendengkur saat tidur, ada baiknya mencoba beberapa tips yang dilansir laman Boldsky berikut untuk membantu menghentikan dengkuran.

Makan lebih sedikit di malam hari

Mengurangi makanan berat dalam jumlah besar di malam hari dapat membantu mencegah dengkuran. Mendengkur juga bisa diatasi dengan berjalan-jalan selama 30 menit setelah makan. Tujuannya, mempercepat tubuh mencerna makanan yang masuk.

Madu

Madu merupakan salah satu makanan yang efektif menghentikan kebiasaan mendengkur. Sifat anti inflamasi dan anti mikrobanta madu membantu mencegah tersumbatnya saluran udara. Sehingga, pembengkakan dalam tenggorokan pun berkurang.

Daging ikan

Daging merah mengandung lemak jenuh, yang dapat menyebabkan kejang pada arteri dan mengakibatkan radang serta pembengkakan pada tenggorokan. Akibatnya: dengkuran. Sebaiknya, ganti daging merah dengan ikan untuk mencegah kebiasaan mendengkur.

Minyak zaitun

Mengonsumsi minyak jenuh dapat menyebabkan refluks asam. Hasil dari peradangan esofagus akibat keasaman tersebut, menyebabkan dengkuran. Ganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun. Itu lebih bisa mengurangi sesak pada tenggorokan dan menghentikan kebiasaan mendengkur.

Teh

Teh dapat membantu mengurangi tersumbatnya saluran tenggorokan. Banyak teh yang bisa dicoba, antara lain: teh chamomile, teh hijau, teh mint, atau teh hitam. Tambahkan lemon dan madu untuk hasil yang lebih baik.

Susu kedelai

Pada orang yang memiliki intoleransi laktosa, susu sapi dapat menyebabkan tersumbatnya saluran hidung dan meningkatkan dengkuran. Susu sapi juga dapat meningkatkan produksi lendir. Untuk mengatasinya, ganti dengan susu kedelai.

Hindari alkohol

Alkohol dapat menekan sistem saraf pusat, yang akhirnya turut menyumbat otot tenggorokan. Jadi, kurangi konsumsi alkohol jika tidak ingin mengganggu tidur pasangan dengan dengkuran.

Hindari produk susu

Kurangi produk susu dari menu diet Anda. Produk susu seperti keju dan yogurt, dapat menyebabkan dengkuran. Jika ingin mengonsumsinya, pastikan baru tidur sekitar tiga hingga empat jam setelah mengonsumsinya. (eh)


viva

guegamersBerita & PolitikMadu Madu,Report Madu,Teh Teh
Madu bisa membantu mengatasi masalah mendengkur. (U-Report) Madu bisa membantu mengatasi masalah mendengkur. (U-Report) VIVAlife - Bunyi dengkur bisa sangat mengganggu. Apalagi jika sedang tidur bersama pasangan. Kebiasaan itu biasanya terjadi seiring bertambahnya usia. Tapi, bisa juga itu disebabkan gangguan pada hidung atau tenggorokan, pembengkakan tenggorokan, obesitas, dan posisi tidur yang...

Comments

comments