JakVR - Virtual Reality Guide

Guegamers – Akhir-akhir ini gamers indonesia di kejutkan dengan pernyataan dari KPAI untuk Blok Beberapa Game online yang di minati oleh Gamers Indonesia. (15 Game yang akan di Blokir oleh Kemendikbud). Akan tetapi, Apakah KPAI sudah menganalisa apa dampak positif bermain game?, Jangan hanya mengambil analisa riset dari luar negeri yang telah maju dan adanya ESRB. (Dampak Positif Bermain Games, KPAI Sudah Analisakah?

Asal Tau saja, Game sudah populer dari tahun 80-an hingga adanya tournament console Nintendo pada tahun 1989 yang diadakan di Taman Hiburan Rakyat Surabaya Mall. (Gambar lihat di atas)

Bahkan adanya Forum Komunitas Gamers (Indogamers) yang mungkin hampir 12 tahun berdiri yang seringkali mengadakan Gathering Maupun Diskusi antar gamers

Faktanya adalah bermain game Offline maupun Online tidaklah merusak maupun menghancurkan seseorang, Itu semua kembali dari orang tua yang terus membimbing dan memantau anak-nya. 

Jika Memang KPAI peduli dengan anak-anak, Lebih baik lakukan seperti di bawah ini:

  • Hilangkan Rokok
  • Hilangkan Minuman Keras
  • Tutup klub Malam
  • Blok Website Porno & Judi
  • hilangkan sinetron yang tidak jelas maupun Acara  lebay (lebih baik kartun atau sinetron seperti Era 90)

Apakah KPAI Berani mengambil tindakan di atas? Jika memang untuk melindungi anak-anak indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI pun memberikan pernyataan di Fanspage

Video game dapat menjadi hiburan yang menyenangkan, mendidik, namun juga ada risikonya bila tidak dimanfaatkan dengan tepat. Tidak semua judul video game layak dimainkan oleh anak-anak pada usia tertentu. Seperti juga film, video game juga memiliki label rating yang tertera pada sampulnya.

Sembari menanti terwujudnya sistem rating Indonesia yang saat ini sedang digagas oleh Kemkominfo dan komunitas game, yuk kita lihat panduan sistem rating ESRB yang paling banyak digunakan saat ini. Jangan lupa sebarkan juga ke orangtua agar dapat mendampingi anak-anaknya memilih dan bermain video game secara cerdas dan proporsional, sesuai usia dan tahap perkembangannya. Semoga bermanfaat!

Berharap dengan Artikel ini, Dapat memberikan semangat untuk gamers yang ingin terus berkarya di dunia nasional maupun internasional. Semoga KPAI paham  Positif bermain game online, Jangan hanya melihat sebelah Mata saja (Dampak Negatif)

 

 

 

 

 

guegamersNewskomunitas gamers,KPAI
Guegamers - Akhir-akhir ini gamers indonesia di kejutkan dengan pernyataan dari KPAI untuk Blok Beberapa Game online yang di minati oleh Gamers Indonesia. (15 Game yang akan di Blokir oleh Kemendikbud). Akan tetapi, Apakah KPAI sudah menganalisa apa dampak positif bermain game?, Jangan hanya mengambil analisa riset dari luar...

Comments

comments