JakVR - Virtual Reality Guide

Minggu, 06 Juli 2014 | 21:14 WIB

Kuasai Debat, Jokowi Bisa Memenangi Pilpres

Ekspresi Jokowi dan Jusuf Kalla saat menjawab pertanyaan moderator dalam Debat Capres Cawapres 2014 di Hotel Bidakara, Jakarta, 5 Juli 2014. TEMPO/Dhemas Reviyanto

TEMPO.CO, Jakarta – Dosen ilmu politik dan pemerintahan Universitas Padjajaran, Muradi, menilai penampilan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam debat calon presiden putaran terakhir pada Sabtu, 5 Juli 2014, memiliki keunggulan penguasaan materi dibanding pasangan nomor urut satu, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. “Terutama cara mereka mengeksplorasi visi dan misi,” kata Muradi, Ahad, 6 Juli 2014.

Muradi menyoroti hal-hal yang memperkuat keunggulan tersebut, yakni Jokowi-JK lebih memahami substansi dan materi debat. Hal ini berpengaruh terhadap sikap mereka yang lebih rileks dan artikulatif dalam menjelaskan materi.

Selain itu, kata Muradi, materi yang disampaikan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor dua ini lebih diterima publik lantaran didasari pengalaman empiris. “Sebaliknya, ada kesalahan mendasar yang kerap kali dilakukan oleh pasangan Prabowo-Hatta dan menjadi penguat Jokowi-JK menguasai panggung,” ujar dia.

Muradi menuturkan, salah satu kesalahan fatal adalah penyebutan Adipura dan Kalpataru oleh Hatta. “Lalu penjualan gas Tangguh yang disebut US$ 12 oleh Prabowo, padahal versi pemerintah hanya US$ 8,” kata dia. “Ada selisih US$ 4 yg membuat publik bingung.”

Muradi menekankan, publik makin meyakini pasangan Jokowi-Jk lebih layak memenangi pemilihan presiden lantaran mereka bisa menguasai panggung debat empat dari lima kali putaran. “Hal ini secara tak langsung membuat perpindahan pemilih dari nomor satu ke nomor dua, terutama pemilih di perkotaan,” ujar dia.

HADRIANI P

Terpopuler:
Ragam Kreasi Relawan Jokowi di Konser Salam 2 Jari 
Barcelona Sepakati Harga Suarez Rp 1,2 Triliun
Laporan Hilang Wisnu Tjandra Dicabut
Herrera-Shaw Antusias Melakoni Tur Pramusim MU
Mesra di Film, Bintang Ini Musuhan di Dunia Nyata 
Pesan Chairul Tanjung untuk Pemerintah Baru


tempo

guegamersBerita & PolitikDhemas Reviyanto,Ekspresi Jokowi,JK,TEMPO,US
Minggu, 06 Juli 2014 | 21:14 WIB Ekspresi Jokowi dan Jusuf Kalla saat menjawab pertanyaan moderator dalam Debat Capres Cawapres 2014 di Hotel Bidakara, Jakarta, 5 Juli 2014. TEMPO/Dhemas Reviyanto TEMPO.CO, Jakarta - Dosen ilmu politik dan pemerintahan Universitas Padjajaran, Muradi, menilai penampilan Joko Widodo-Jusuf Kalla dalam debat calon presiden putaran...

Comments

comments