JakVR - Virtual Reality Guide

The Beatles (facebook.com/thebeatles)

The Beatles (facebook.com/thebeatles)

VIVAlife – Sebanyak 59 lagu milik grup legendaris The Beatles yang direkam tahun 1963 telah dirilis di iTunes. Lagu-lagu yang sebelumnya belum pernah dirilis tersebut diluncurkan agar tidak terjadi penyalahgunaan hak cipta.

Hukum di Uni Eropa menyatakan hak cipta dapat dimiliki pihak yang berhak selama 70 tahun jika album tersebut telah dirilis secara resmi atau selama 50 tahun jika belum pernah dirilis.

Dilansir dari BBC, spekulasi perpanjangan masa hak cipta muncul karena dua buah set disc yang telah dirilis di iTunes kemudian dihapus pada Selasa pagi. Pendeknya masa penerbitan inilah yang membuat spekulasi tersebut muncul.

Seorang fans yang memposting screenshoot dari koleksi iTunes Selandia Baru lengkap dengan link-nya, namun link tersebut menjadi tidak valid sekarang. Hal yang sama terjadi di Australia, Rusia dan Arab Saudi meski undang-undang hak cipta tidak berlaku di negara-negara tersebut.

Namun, album tersebut kembali muncul di iTunes Inggris setelah pukul 14.00 GMT. Pihak label mengkonfirmasi kepada BBC bahwa album ini akan tetap ada di iTunes tanpa batas waktu.

Album tersebut mencakup materi sesi rekaman The Beatles dan kompilasi yang diambil dari She Loves You, From Me to You dan beberapa versi live dari Roll Over Beethoven. Album ini juga berisi lagu The Beatles yang diberikan kepada penyanyi lain.

Lagu-lagu dalam album tersebut memang telah diselundupkan, meski demikian perilisan resminya belum pernah dilakukan sebelum ini.

The Beatles bukan band pertama yang mengeluarkan materi langka dalam upaya untuk memperpanjang hak cipta. Tahun lalu, label rekaman Bob Dylan juga merilis 100 copy album yang berisi performance Dylan dalam program TV , serta beberapa versi dari Blowin ‘ in the Wind, Bob Dylan Dream dan I Shall Be Free.

(ren)


viva

guegamersSelebritisArab Saudi,BBC,Bob Dylan,Bob Dylan Dream,GMT,Selandia Baru,Uni Eropa
The Beatles (facebook.com/thebeatles) The Beatles (facebook.com/thebeatles) VIVAlife - Sebanyak 59 lagu milik grup legendaris The Beatles yang direkam tahun 1963 telah dirilis di iTunes. Lagu-lagu yang sebelumnya belum pernah dirilis tersebut diluncurkan agar tidak terjadi penyalahgunaan hak cipta.Hukum di Uni Eropa menyatakan hak cipta dapat dimiliki pihak yang berhak selama 70...

Comments

comments