JakVR - Virtual Reality Guide

Ilustrasi telinga.  

VIVAlife – Ada yang berbeda saat Sally Evans dilahirkan. Telinga kanannya bukan membuka ke luar, melainkan melipat ke dalam. Ia bisa dibilang lahir tanpa telinga. Kondisi itu disebut microtia.

Itu membuat Sally menderita. Orang-orang menatapnya berbeda. Ia terus memanjangkan rambutnya untuk menutupi bagian di mana seharusnya telinga kanannya berada. Anak-anak memperoloknya.

Baginya, tumbuh sangat sulit. Ia pun tak sampai bermimpi punya telinga baru.

Seumur hidup, wanita 35 tahun asal Hampshire itu nyaris tak bisa mendengar. Sampai beberapa waktu lalu, seorang dokter memasang alat bantu dengar, The Bone Anchored Hearing Aid (BAHA).

Untuk pertama kalinya, Sally akhirnya bisa mendengar. Kebahagiaan Sally seolah tak terungkap kata. Ia seperti anak kecil yang mendapatkan mainan atau melihat hal baru pertama kalinya.

“Saya sangat emosional sampai menangis bahagia. Pertama kali yang saya katakan ‘Ini suara saya, saya bisa mendengarnya’,” kata Sally, yang mengira akan hidup tanpa mendengar suara selamanya.

Ia merasa dunianya ajaib. Ia bisa mendengar dengkur kucing, suara laut, bahkan gesekan karpet. “Suami saya memberi tahu itu suara apa, karena saya tidak pernah mengenalinya sebelumnya,” lanjutnya.

Pasang Sekrup

Sally harus berterima kasih pada Dr. Dawn Harper dari sebuah program acara televisi, Embarrassing Bodies. Dokter itu memutuskan mengunjunginya yang bekerja di RS Queen Alexandria, Portsmouth.

Ia memasangkan sekrup yang ditanam di dalam tulang, dan masuk ke saraf pendengaran melewati saluran telinga. Saat perangkat diaktifkan, penggunanya bisa mendengar suaranya sendiri.

Prosedur berikutnya, bagian dari tulang rawan telinganya dihilangkan dan digunakan untuk membentuk telinga prostetik baru. Seorang ahli bedah di tempat Sally bekerja yang membentuk kembali telinganya.

Sementara ini, telinga buatan itu efektif. Sally puas meski ia harus mencukur sebagian rambutnya agar operasi bisa mencapai kulit kepala dan telinganya dengan mudah. Ia pun menggunakan rambut palsu.

“Saya datang ke dunia dengan satu telinga, dan sekarang bisa meninggalkannya dengan dua,” katanya, seperti dilansir Daily Mail. (ren)


viva

guegamersBerita & Politikanak,Dawn Harper,Embarrassing Bodies,Queen Alexandria,Sally Evans
Ilustrasi telinga.   VIVAlife - Ada yang berbeda saat Sally Evans dilahirkan. Telinga kanannya bukan membuka ke luar, melainkan melipat ke dalam. Ia bisa dibilang lahir tanpa telinga. Kondisi itu disebut microtia.Itu membuat Sally menderita. Orang-orang menatapnya berbeda. Ia terus memanjangkan rambutnya untuk menutupi bagian di mana seharusnya telinga kanannya...

Comments

comments