JakVR - Virtual Reality Guide

Saat sahur lebih baik pilih makanan berkuah agar tubuh lebih berstamina. [Foto ilustrasi] (REUTERS/Ina Fassbender)

Saat sahur lebih baik pilih makanan berkuah agar tubuh lebih berstamina. [Foto ilustrasi] (REUTERS/Ina Fassbender)

VIVAlife – Sahur adalah waktu memberikan asupan gizi dan nutrisi untuk tubuh. Bila salah dalam memilih menu, Anda akan merasa lemas seharian. Jangan beranggapan makan banyak saat sahur bisa membuat perut kenyang lebih lama. Kuncinya adalah pada pemilihan makanan.

“Sebisa mungkin makan sahur yang bisa bikin kenyang lebih lama, seperti serat dan karbohidrat kompleks,” kata Ahli Gizi Dr. Inayah Budiasti, M.S.,SpGK saat dihubungi VIVAlife, Jumat, 4 Juli 2014.

Ia menambahkan bahwa tubuh lebih baik diisi dengan serat karena bisa lebih lama berdiam di lambung. Imbasnya, tubuh tidak terasa lemas. Karbohidrat kompleks diantaranya nasi, pasta dan oatmeal.

Tidak hanya gizi pada makanan, Dr. Inayah menyarankan agar penyajiannya pun diperhatikan.

“Jangan digoreng, lebih baik makan makanan yang berkuah karena tubuh mendapat kaldu dari makanan tersebut dan menambah stamina. Apalagi kaldu ayam,” tambahnya.

Ia menyebutkan sayur sop sebagai contohnya karena bisa membuat perut kenyang lebih lama.

“Sayurnya bening ya, jangan mengandung santan soalnya bikin beban metabolisme lebih berat,” ujarnya.


viva

guegamersBerita & PolitikAhli Gizi Dr,Ina Fassbender,Inayah Budiasti,REUTERS
Saat sahur lebih baik pilih makanan berkuah agar tubuh lebih berstamina. (REUTERS/Ina Fassbender) Saat sahur lebih baik pilih makanan berkuah agar tubuh lebih berstamina. (REUTERS/Ina Fassbender) VIVAlife - Sahur adalah waktu memberikan asupan gizi dan nutrisi untuk tubuh. Bila salah dalam memilih menu, Anda akan merasa lemas seharian. Jangan...

Comments

comments