JakVR - Virtual Reality Guide

Grana Padano, (cheese.com)

Grana Padano, (cheese.com)

VIVAlife – Berbicara keju, pastilah berbicara tentang Italia, karena hidangan dari negara Menara Pisa itu tidak pernah terlepas dari keju. Tak ayal, berbagai macam jenis keju pun bermunculan dari negara ini. Masing-masing daerah di Italia pun memiliki keju khasnya.

Dilansir dari Cheese.com, salah satu keju yang terkenal hingga mendunia adalah grana padano, yang disebut-sebut sebagai raja keju.

Grana padano pertama kali dibuat oleh Para Pendeta Cistercian asal Chiaravelle, Italia bagian utara pada abad ke 12. Keju ini merupakan keju keras pertama yang pernah diciptakan. Grada padano pun sudah mendapat sertifikat sebagai keju otentik asal Italia. 

Pada tahun 1996 tepatnya tanggal 12 Juni, grana padano mendapatkan sertifikat DOP (Denominazione di Origine Protetta) yang merupakan sebuah jaminan atau pengukuhan bahwa keju tersebut dibuat menggunakan susu dan teknik yang berasal daerah tertentu saja. 

Apa yang membuat Grana Padano berbeda? Keju ini dibuat dari susu semi skim tidak terpasteurisasi yang difermentasi sekitar dua tahun. Berbeda dengan keju cheddar yang lembut, saat sudah matang, grana padano justru memiliki tekstur yang keras, tebal, kering dan bagian dalamnya yang kasar. Meskipun keras dan kasar, grana padano punya rasa yang sangat kompleks dan gurih. 

Tak hanya itu, meski bergelar “raja”, grana padano tidak berharga mahal. Malah, keju favorit  warga Po River Valley, Italia, ini sangat terjangkau. Harganya sangat kontras bila dibandingkan dengan raja keju lainnya, parmigiano reggiano. 

Grana padano, yang bisa tahan disimpan dua tahun, biasanya menjadi teman untuk menikmati anggur putih, atau menjadi bumbu pelengkap sup. (umi)


viva

guegamersBerita & PolitikDOP,Grana Padano,Menara Pisa,Origine Protetta,Para Pendeta Cistercian,Po River Valley
Grana Padano, (cheese.com) Grana Padano, (cheese.com) VIVAlife - Berbicara keju, pastilah berbicara tentang Italia, karena hidangan dari negara Menara Pisa itu tidak pernah terlepas dari keju. Tak ayal, berbagai macam jenis keju pun bermunculan dari negara ini. Masing-masing daerah di Italia pun memiliki keju khasnya. Dilansir dari Cheese.com, salah satu keju yang...

Comments

comments