JakVR - Virtual Reality Guide

Menguap terlalu lebar bisa menyebabkan robeknya dinding paru-paru. (istock)

Menguap terlalu lebar bisa menyebabkan robeknya dinding paru-paru. (istock)

VIVAlife – Hati-hati saat Anda menguap. Pasalnya, menguap sembari menggeliat bisa mengakibatkan paru-paru Anda robek. Hal itulah yang terjadi pada Ou, 26, seorang pria asal China. 

Dikutip dari ECNS China News, paru-paru Ou robek saat dia menguap terlalu lebar sembari menggeliat. Pria yang berdomisili di Wuhan, Provinsi Hubei, China, itu mengaku merasakan sakit pada dada setelah menguap, namun membiarkannya. 

Tapi, sakitnya tak kunjung reda dan Ou mulai kesulitan bernafas. Dia pun dilarikan ke rumah sakit. Dokter yang memeriksa Ou menyatakan bahwa pria itu mengalami pneumothorax atau udara yang mendadak terperangkap di ruang antara paru-paru dan tulang dada. Udara tersebut akan menyebabkan tekanan yang mengganggu pernafasan dan di beberapa kasus dapat menyebabkan robeknya dinding paru-paru. 

Kasus pneumothorax biasanya terjadi secara tiba-tiba dan lebih banyak terjadi pada pria muda dengan postur tubuh tinggi kurus. Ou sendiri memiliki tinggi badan 176 cm dan berat 59 kg.

Gejala pneumothorax adalah nyeri yang tajam dan mendadak di dada kemudian diikuti kesulitan bernafas. Dalam kebanyakan kasus, nyeri akan berangsur hilang tanpa pengobatan, namun jika kesulitan bernafas terus terjadi, dibutuhkan perawatan medis untuk mengeluarkan udara yang terperangkap. Jika tidak, dikhawatirkan dinding paru-paru akan robek.

Dr. Chen Baojun dari Rumah Sakit Pusat Wuhan, menyebutkan kasus pneumothorax hanya terjadi pada 2 dari 10 ribu kaum muda. Namun pria, terlebih mereka yang bertubuh semampai, punya resiko empat kali lebih tinggi dibanding wanita.  (sj)

 

 


viva

guegamersBerita & PolitikChen Baojun,China,ECNS,Provinsi Hubei,Rumah Sakit Pusat Wuhan
Menguap terlalu lebar bisa menyebabkan robeknya dinding paru-paru. (istock) Menguap terlalu lebar bisa menyebabkan robeknya dinding paru-paru. (istock) VIVAlife - Hati-hati saat Anda menguap. Pasalnya, menguap sembari menggeliat bisa mengakibatkan paru-paru Anda robek. Hal itulah yang terjadi pada Ou, 26, seorang pria asal China.  Dikutip dari ECNS China News, paru-paru Ou robek...

Comments

comments