JakVR - Virtual Reality Guide

Deretan kue klasik Prancis. (VIVAnews/Tasya Paramitha)

Deretan kue klasik Prancis. (VIVAnews/Tasya Paramitha)

VIVAlife – Prancis dikenal sebagai negara dengan varian roti dan pastry yang luar biasa beragam. Setiap harinya, masyarakat Prancis selalu menyempatkan diri mampir ke bakery atau toko kue untuk membeli roti maupun pastry baik itu untuk sarapan atau untuk dibawa pulang.

Setiap tahunnya, para baker di negara ini juga selalu berkreasi membuat inovasi roti dan pastry menggunakan resep baru atau bahan-bahan lain untuk menciptakan cita rasa baru.

Lalu apa roti dan pastry yang sedang tren di negara tersebut? “Saat ini banyak bakery yang kembali menggunakan resep-resep kuno,” ujar baker ternama Prancis, Eric Kayser saat ditemui di Senayan, Jakarta beberapa waktu lalu.

“Untuk pastry, saat ini di Prancis eclair sedang sangat digemari,” kata  Kayser yang telah memiliki 93 bakery yang tersebar di seluruh dunia.

Sebagai informasi, eclair merupakan pastry yang terbuat dari adonan choux dengan isian krim dan topping icing. Eclair yang biasanya hanya diisi dengan krim cokelat, vanila, atau kopi, saat ini menurut Kayser banyak diberi krim dengan berbagai varian rasa baru.

Sedangkan untuk roti, Kayser mengungkapkan bahwa roti dengan isian atau topping kacang pistachio saat ini sedang begitu digemari di Prancis. Pistachio dianggap mampu memberikan cita rasa baru serta tekstur yang pas pada roti.

Selain itu roti-roti seperti baguette masih menjadi favorit di tanah kelahirannya.

“Hal ini karena roti-roti seperti baguette lebih tahan lama saat disimpan dan dapat diolah menjadi berbagai hidangan,” katanya.

Ia menuturkan bahwa roti-roti tersebut tak hanya dapat disantap langsung dengan butter atau selai, namun juga dapat dijadikan kudapan dengan saus cocolan, dijadikan crouton untuk topping salad atau sup, digunakan untuk membuat sandwich dan bahkan dapat dijadikan hidangan penutup manis.

“Saat digunakan untuk memasak, roti dapat memberikan cita rasa baru karena proses fermentasinya menciptakan rasa asam dan gurih. Ini sebabnya roti juga dapat dijadikan bumbu masakan,” ucapnya. (ita)


viva

guegamersBerita & PolitikEric Kayser,Tasya Paramitha
Deretan kue klasik Prancis. (VIVAnews/Tasya Paramitha) Deretan kue klasik Prancis. (VIVAnews/Tasya Paramitha) VIVAlife - Prancis dikenal sebagai negara dengan varian roti dan pastry yang luar biasa beragam. Setiap harinya, masyarakat Prancis selalu menyempatkan diri mampir ke bakery atau toko kue untuk membeli roti maupun pastry baik itu untuk sarapan atau untuk...

Comments

comments