JakVR - Virtual Reality Guide

Ilustrasi membaca buku.  

Ilustrasi membaca buku.  

VIVAlife – Ada teknologi yang masih mencengangkan di dalam kotak tinggi “ajaib” yang tersebar di pinggir-pinggir jalan. Jika sejumlah uang tertentu dimasukkan ke dalamnya, makanan dan minuman akan keluar dengan mudahnya.

Vending machine atau mesin penjual otomatis, sejatinya dihadirkan untuk mempermudah pembelian camilan. Namun seiring perkembangan zaman, berbagai macam barang kebutuhan disematkan ke dalam mesin ini.

Mulai dari makanan berat seperti pizza, minuman mahal seperti anggur, hingga pakaian dalam, kini bisa dengan mudah didapatkan. Hanya perlu memasukkan uang dan menekan tombol tertentu.

Uniknya, kali ini mesin penjual otomatis itu bisa mengeluarkan “ilmu”. Ia termaktub dalam buku-buku yang dilontarkan mesin itu.

Mesin buku otomatis

Adalah Pop Up Library Services for Everyone atau disingkat PULSE, “perpustakaan” berwujud mesin penjual otomatis yang berada di Alameda County Family Justice Center (ACFJC), Oakland, California.

Mengutip laman Incredible Things, mesin itu berisi berbagai macam buku, fiksi atau nonfiksi, untuk dewasa maupun anak-anak. Seperti membeli barang lewat mesin pada umumnya, tinggal masukkan uang dan pilih buku yang disuka.

Sayangnya, buku itu tak dapat dijadikan hak milik. Statusnya tetap meminjam, karena buku itu dimiliki perpustakaan. Selesai dibaca, tetap harus mendatangi petugas untuk mengembalikannya, layaknya aturan dan kebijakan perpustakaan pada umumnya. (eh)


viva

guegamersBerita & PolitikACFJC,Alameda County Family Justice Center,Incredible Things,PULSE
Ilustrasi membaca buku.   Ilustrasi membaca buku.   VIVAlife - Ada teknologi yang masih mencengangkan di dalam kotak tinggi “ajaib” yang tersebar di pinggir-pinggir jalan. Jika sejumlah uang tertentu dimasukkan ke dalamnya, makanan dan minuman akan keluar dengan mudahnya. Vending machine atau mesin penjual otomatis, sejatinya dihadirkan untuk mempermudah pembelian camilan. Namun...

Comments

comments