JakVR - Virtual Reality Guide

Ilustrasi kebutaan  

VIVAlife – “Merokok dapat membunuhmu”, peringatan yang terdapat dalam bungkus rokok tampak jelas. Bahkan sebelumnya, risiko penyakit berbahaya dituliskan di sana, seperti kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Tapi, tidak banyak yang tahu bahwa rokok juga dapat menyebabkan kebutaan. 

Asap tembakau yang terdiri atas 4 ribu senyawa aktif, sebagian besar beracun dan berpotensi merusak mata. Bahkan, perokok memiliki risiko lebih besar mengalami age-related macular degeneration (AMD) atau usia degenerasi makula. AMD dapat menyebabkan kebutaan dan merupakan penyebab utama orang-orang di atas usia 50 tahun, kehilangan penglihatan mereka. 

Ini terjadi karena sel-sel halus makula, yaitu bagian tengah retina yang bertanggung jawab terhadap penglihatan menjadi rusak dan berhenti bekerja. Dengan merokok, maka Anda menghambat efek perlindungan dari antioksidan dan mengurangi kepadatan pigmen makula yang penting bagi penglihatan.

Bukan hanya itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko katarak. Ini karena asap rokok memecah mikronutrien lainnya yang penting untuk jaringan mata yang sehat. 

“Sangat mudah untuk melupakan mata saat berpikir tentang dampak kesehatan dari rokok. Merokok mungkin menyenangkan, tapi itu tidak sepadan dengan risiko yang didapat,” ujar Dr Susan Blakeney, penasihat klinis di College of Optometrists seperti dilansir Female First.

Senada dengan dr Blakeney, Deborah Arnott, chief executive di ASH mengatakan bahwa banyak perokok yang tidak menyadari bahwa rokok dapat menyebabkan penyakit mata yang serius. Padahal, bukan hanya menyebabkan kematian akibat kanker atau serangan jantung, merokok juga dapat membuat Anda buta. (art)


viva

guegamersBerita & PolitikAMD,ASH,Deborah Arnott,Dr Susan Blakeney,Female First
Ilustrasi kebutaan   VIVAlife - 'Merokok dapat membunuhmu', peringatan yang terdapat dalam bungkus rokok tampak jelas. Bahkan sebelumnya, risiko penyakit berbahaya dituliskan di sana, seperti kanker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin. Tapi, tidak banyak yang tahu bahwa rokok juga dapat menyebabkan kebutaan.  Asap tembakau yang terdiri atas 4 ribu...

Comments

comments